Inilah 8 Kopi Terbaik Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Itulah mengapa meminum satu gelas espresso Italia benar-benar akan memberi energi yang kamu butuhkan ketika kamu merasa lelah. Juga, inilah mengapa orang Italia meminumnya beberapa kali dalam sehari.

  1. Kopi Luwak Indonesia

Kopi luwak merupakan komoditas yang seksi dalam dunia kopi. Bagaimana tidak, harga kopi luwak Indonesia liar di pasaran mencapai lebih dari Rp 1.000.000,00 per kg.

Secangkir kopi luwak di Jakarta, misalnya, harganya sekitar Rp 70.000,00 per cangkir. Di luar negeri, harga secangkir minuman ini sekitar 35 USD. Jika bentuk biji atau bubuk harganya 100 hingga 600 USD per 450 gram.

Sederhananya, Kopi luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Luwak/musang/careuh yang merupakan hewan mamalia Indonesia itu memakan buah merah dari pohon kopi, yang dikeluarkannya tidak tercerna dan dimodifikasi secara genetik oleh enzim di dalam perutnya. Sisa-sisa yang keluar itu lantas dicuci dan kemudian dikeringkan.

Sebenarnya kopi luwak memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan kopi pada umumnya, hitam semu coklat. Namun, tentu saja, yang membuat kopi luwak jauh unggul dari kopi pada umumnya adalah dari segi aroma dan rasa.

Rasa kopi luwak sangat lembut, tidak ada rasa pahit, dan ada sedikit asam buah yang menyegarkan. Rasa akhir atau aftertaste dari kopi termahal ini sangat clean, tidak meninggalkan enek.

Kopi luwak Indonesia hampir selalu memiliki rasa bebuahan yang sangat spesial. Padahal, biji kopi tiap daerah memiliki karakter rasa yang berbeda-beda. Proses fermentasi alami di perut luwak inilah yang memunculkan rasa bebuahan yang kuat tatkala disajikan.

Aroma minuman mewah ini lebih harum dan lebih tajam. Tidak ada sedikit pun jejak bau kotoran hewan atau bau yang tidak sedap lainnya.

Tentu saja, biar media Amerika pernah menjuluki kopi luwak sebagai “cat poop coffee“, toh kopi luwak tetap laku di pasaran dengan harga yang tinggi, pun diekspor pula ke Amerika.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan