BMKG Ingatkan untuk Antisipasi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hari ini

JAKARTA – Hari ini, Minggu (20/3), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Minggu pagi, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi pulau Sumatera, Jawa dan sebagian wilayah nusa tenggara.

Warga di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, agar berhati-hati dan mengantisipasi cuaca buruk tersebut.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat

Dikemukakan BMKG, sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua Barat, Laut Arafuru dan di pesisir selatan Papua.

Daerah konvergensi lainnya, juga terpantau di Sumatera Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera bagian selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah, Laut Banda, dan NTT.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. (Ant/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan