Waspada, BMKG:  Hampir Seluruh Provinsi Berpotensi Hujan Lebat Hari ini

BANDUNG –  Hari ini, Kamis (24/2) Kota Bandung mengalami mendung dan matahari tidak muncul sejak pagi, hal ini sesuai dengan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  yang memprakirakan akan terjadi hujan lebat pada hari ini.

Bukan hanya di Bandung, tapi hampir seluruh provinsi di Tanah Air memiliki wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat.

Bahkan di sejumlah daerah masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Dikutip di situs BMKG, Kamis (24/2), BMKG merinci Provinsi mana saja  yang berpotensi mengalami hujan lebat, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Bukan hanya provinsi tersebut,  Daerah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur juga diprakirakan akan  mengalami hujan lebat.

Potensi serupa dapat terjadi di daerah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Untuk Kalimantan Selatan dan Maluku Utara, BMKG memprakirakan dapat mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan petir berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari ini. Sementara hujan intensitas sedang diprakirakan berlangsung di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang hari. Sedangkan Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari dan Kepulauan Seribu dapat mengalaminya pada dini hari.

BMKG memperingatkan sejumlah daerah berpotensi terdampak hujan  seperti banjir dengan NTT, Sulawesi Selatan dan Papua masuk dalam kategori siaga.

Provinsi yang wilayahnya masuk kategori waspada banjir, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB.

Wilayah lain yang waspada dampak hujan lebat adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. (ant/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan