Benarkah Biaya Transfer BRI Berubah? Begini Faktanya

Jabarekspres.com – Jagat maya digegerkan dengan adanya kabar yang menyatakan bila biaya transfer BRI berubah. Benarkah demikian?

Sebagai informasi, kabar biaya transfer BRI ini didengungkan bakal berubah menyusul adanya pesan melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Akun Whatsapp itu bahkan mengatasnamakan pihak bank BRI. Yang membuat heboh, akun tersebut menghubungi dengan cara menelepon.

Setelah itu, memberikan informasi serta pengarahan kepada customer soal perubahan tarif transfer baik antar bank maupun sesama bank.

Untuk diketahui, beberapa waktu yang lalu pihak BRI menyampaikan mulai mengimplementasikan sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment atau BI-Fast.

Rencananya, BRI akan menggunakan BI-Fast pada kanal digital perbankan, yakni BRImo dan Cash Management System (CMS).

Dengan diimplementasikannya sistem tersebut, nasabah BRI nantinya dapat menikmati layanan transfer antarbank dengan tarif sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Sebelumnya, Bank Indonesia memang sempat meluncurkan program Bank Indonesia Fast Payment atau BI Fast pada 21 Desember 2021 lalu.

Dengan adanya program itu biaya transfer beda bank bisa lebih murah. Dengan sistem BI Fast, tarif transfer antarbank yang dikenakan kepada nasabah maksimal sebesar Rp 2.500.

Tarif ini pun dinilai lebih rendah dibanding melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) sebesar Rp 6.500 per transaksi.

Kendati demikian, belum semua bank menerapkan sistem BI Fast di semua channel mereka. Penerapan dilakukan bertahap.

Lantas, benarkah biaya transfer BRI berubah sesuai dengan kabar yang beredar? Begini faktanya.

Setelah melakukan penelusuran dengan cara mengkonfirmasi langsung melalui Direct Message Instagramnya, akun WhatsApp bank BRI dengan nomor +1(6281)212-1112 ternyata bukanlah resmi milik bank BRI.

Melalui akun Instagram resmi @bankbri_id, pihak BRI menghimbau kepada masyarakat utamanya para customer untuk tidak langsung mempercayai akun-akun yang mengatasnamakan bank BRI.

Dalam penjelasannya, semua akun resmi bank BRI terdapat tanda centang biru (verified).

“Hati-hati Sobat BRI, jangan sampai tergocek. Selalu ingat dan pastikan kamu hanya mengikuti akun resmi BRI yang bercentang biru, ya”.

Selain itu, akun Whatsapp resmi milik bank BRI adalah dengan nomor +62 812-1214-017 dengan layanan chat yang terhubung dan dilayani secara langsung oleh Admin BRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan