Evaluasi Pelayanan pada Masyarakat, Disdukcapil Kota Bandung Gelar Forum Konsultasi Publik

BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, menggelar Forum Konsultasi Publik, dengan bertemakan “Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Keterkaitan Dokumen Administrasi Kependudukan Sebagai Dasar Bagi Pelayanan Publik Lainnya” di Hotel Horison Kota Bandung, Selasa (15/3).

Forum konsultasi publik Ini merupakan  bentuk evaluasi Disdukcapil Kota Bandung terhadap pelaksanaan pelayanan publik di tahun 2022.

“Forum Konsultasi Publik ini, dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan kepada pemangku kepentingan terhadap pelayanan publik. Juga mendapatkan kesamaan persepsi dalam mencari solusi akan kendala yang ditemukan di lapangan, khususnya dalam hal yang terkait dengan pemanfaatan dokumen administrasi kependudukan,” ucap Kadisdukcapil Kota Bandung, Tatang Muchtar

Selain itu, Tatang juga mengatakan bahwa pelayanan publik merupakan aspek fundamental dalam penyelenggaraan Pemerintahan, dan dapat dijadikan tolak ukur keseriusan Pemerintah dalam menjalankan tanggung jawabnya, terutama melayani masyarakat.

Ia juga menjelaskan, pihaknya akan berpegang teguh kepada prinsip standar pelayanan, proses penyampaian, dan pengelolaan di internal organisasi.

Tatang menyebutkan, hal tersebut telah tercantum pada Permen PANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Maka, adanya Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat memberikan input positif terhadap implementasi kebijakan administrasi kependudukan,  yang memiliki peranan penting dalam pelayanan publik lainnya.

Sehingga, lanjutnya, ke depan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik sesuai kebutuhan.

Ditempat yang sama, menurut Pelaksana Tugas (PLT) Walikota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan bahwa dengan adanya hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan proses pelayanan kependudukan warga Kota Bandung yang lebih baik, cepat dengan prinsip keadilan.

“Hari ini Disdukcapil membuat suatu kegiatan yang menampung usulan dalam rangka perbaikan peningkatan pelayanan kependudukan, yang dilakukan Disdukcapil dan itu melibatkan cukup banyak stake holder. Mudah-mudahan ke depan, kita bisa meningkatkan proses pelayanan kependudukan warga Kota Bandung yang lebih baik, lebih cepat dengan prinsip keadilan,” pungkasnya. (Mg4).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan