oleh

PSI Layangkan Kritikan ke Disdukcapil Kota Depok

DEPOK – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok kembali melayangkan kritikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok perihal penggunaan platform pendaftaran online (google form).

Menurut Wakil Ketua DPD PSI Kota Depok, Icuk Pramana Putra, sarana layanan online Disdukcapil Kota Depok itu sangat rawan disalahgunakan atau rawan diretas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Terus terang kami sangat meragukan tingkat keamanan dari penggunaan layanan google form (GForm) untuk keperluan pelayanan pencatatan sipil Kota Depok,” ungkap Icuk, Kamis (25/11).

Baca Juga:  Tidak Bisa Bahasa Arab, Menag Yaqut Di-Bully Netizen, Guntur Romli Serang Balik: Kadrun!

Icuk lebih lanjut menyarankan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Disdukcapil agar membuat platform sendiri dalam pelayanan kepada masyarakat, terutama di bagian pencatatan sipil yang datanya sangat sering dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Seperti kita tahu bersama bahwa kelemahan sistem informasi dan manajemen pendataan dalam format digital (online) memang kerap disalahgunakan. Ini tidak hanya terjadi pada pemerintah daerah, melainkan juga di pusat. Untuk itu, kita harapkan perlu ditingkatkan sistem keamanannya dalam waktu dekat,” bebernya.

Baca Juga:  Menolak RAPBD 2022, PSI Walk Out dari Paripurna DPRD Kota Bandung

Dirinya menambahkan, seharusnya dengan semakin dinamis dan pesatnya perkembangan teknologi digital belakangan ini membuat Pemkot Depok lebih adaptif dalam mendesain keamanan penggunaan platform layanan online yang mulai banyak diadopsi akhir-akhir ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga