Akhir Tahun Kelurahan Pontir Dipastikan Sudah Bebas ODF

DEPOK – Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari dipastikan tahun ini sudah bebas masalah Open Defecation Free (ODF) atau wilayah Bebas Buang Air Besar Sembarangan.

Hal itu diutarakan Lurah Pontir, Suhendar yang menyebut wilayahnya bakal segera terbebas dari ODF akhir tahun 2022.

“Insya Allah akhir tahun ini kelurahan Pontir sudah bebas ODF,” kata Suhendar, Selasa (15/3).

Optimisme itu muncul di tengah akselerasi pembuatan septic tank yang kini sedang digencarkan di Kelurahan Pontir.

Suhendar mengatakan, pembuatan septic tank di wilayah Pontir merupakan kebijakan langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Depok atas dibuatnya septic tank di wilayah kami,” ujarnya.

Dirinya juga mengharapkan dengan adanya pembuatan septic tank ini dapat menjadikan wilayahnya bebas ODF. Dengan begitu, bisa membantu Kota Depok menuju daerah bebas ODF.

Adapun menurut dia, sebanyak 54 septic tank akan dibuat di Kelurahan Pondok Petir tahun ini. Pembuatan puluhan septic tank tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok.

“Saat ini pihak konsultan sedang melakukan pengukuran di titik-titik lokasi yang akan dibuat septic tank. Sementara terkait waktu pembuatannya, belum ada informasi lebih lanjut terkait jadwalnya,” kata dia.

Meski begitu, pihaknya berharap proses pengukuran bisa berjalan lancar dan bisa cepat dikerjakan. Sehingga target penyelesaian akhir tahun dapat segera terealisasi.

Pihaknya mengimbau kepada warga Pontir agar senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama tidak lagi buang air besar sembarang.

“Dengan dibuatnya puluhan septic tank ini pihaknya optimis pada akhir tahun 2022, dengan begitu harapan wilayah Bebas Buang Air Besar Sembarangan bisa segera terwujud,” tandasnya.

Berdasarkan, data yang dimiliki, Suhendar menyebut jumlah septic tank tersisa yang belum dibuat sebanyak 54 KK. (mg2)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan