Viral Video Kesurupan, Apa Penjelasannya Secara Medis?

Jabarekspres.com – Fenomena kesurupan banyak terjadi di Indonesia. Terutama di daerah yang masih kental adat mistis. Belakangan pun, media sosial di hebohkan dengan video kesurupan seorang wanita yang sedang menonton di Bioskop.

Kejadian yang sedang ramai di TikTok tersebut terjadi pada Kamis, 10 Maret lalu. Di lansir sang pemilik akun, @verisamnta, seorang perempuan berteriak dan menangis dengan menggunakan bahasa sunda.

Bioskop yang bertempat di Bandung tersebut saat itu tengah menayangkan film Iblis dalam Kandungan. Akhirnya, perempuan itu di bantu oleh pihak petugas bioskop untuk keluar dari tempat.

Namun, mengapa seseorang kesurupan dan apa penjelasannya secara medis?

Di lansir dari alodokter dan hallo sehat, kesurupan merupakan kondisi medis yang di sebut possession trance disorder. Yakni sebuah gejala mental yang di tandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi pikiran, memori, identitas diri.

Serta kontrol gerakan tubuh dan lingkungan sekitar. Gangguan mental ini dapat di sebabkan oleh banyak faktor seperti faktor sosial dan psikologis.

Dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders-V (DSM V) kesurupan masuk dalam kategori Other Specified Dissociative Disorder.

Sementara dalam International Classification of Diseases 11th (ICD 11), gangguan kesurupan (possesion trance disorder) di tandai dengan perubahan kesadaran individu.

Identitas individu tersebut kemudian tergantikan oleh identitas kepemilikan eksternal sehingga perilaku individu tersebut di kendalikan oleh hal di luar kesadaran dirinya.

Nah, umumnya, orang yang mengalami possession trance disorder menunjukkan gejala atau tanda seperti berikut:

  • Kehilangan kendali atas tindakan yang di lakukannya
  • Kehilangan kesadaran terhadap lingkungan sekitar
  • Hilangnya memori atau ingatan
  • Hilangnya identitas pribadi
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi
  • Perubahan nada suara
  • Perubahan perilaku
  • Keyakinan yang kuat bahwa terjadi perubahan penampilan tubuh

Dissociative trance disorder dapat terjadi secara perorangan atau bersama-sama, saling memengaruhi, dan menimbulkan kepanikan bagi lingkungannya (histeria massa).

Kesurupan individual yang terjadi muncul sebagai reaksi atas apa yang sedang di rasakan oleh individu sebelum proses kesurupan itu terjadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan