Hobi Hiking Naik Gunung Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

JABAREKSPRES.COM – Hiking atau mendaki gunung merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang senang berpetualang.

Tak jarang sebagian orang menjadikan aktivitas tersebut sebagai hobinya di waktu senggang.

Melihat alam yang hijau dengan oksigen melimpah, memberikan rasa senang dan nyaman, sehingga membuat kesehatan mental juga bisa terjaga.

Makanya, Tak sedikit pula yang menggunakan hiking sebagai healing atau penyembuhan. Terutama penyembuhan dari tekanan mental karena rutinitas sehari-hari.

Terlebih disaat pandemi, sangat banyak orang mengalami tekanan dan penderitaan. Sehingga tidak mengherankan  bila angka depresi, frustasi dan ganngguan kejiwaan lain meningkat tajam.

Selain baik untuk kesehatan mental, ternyata ada juga manfaat tak terduga dari melakukan aktivitas tersebut, terutama bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat tak terduga dari mendaki gunung atau hiking, seperti dilansir laman Care2.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Berjalan di alam memiliki efek mendalam pada sistem kekebalan tubuh kita. Orang yang sering melakukan hiking mengalami peningkatan sel darah putih hingga 40 persen.

2.Menjadi lebih bugar.

Olahraga termasuk hiking bisa mengembalikan metabolisme, meningkatkan kekuatan otot-otot dan membuat Anda berkeringat. Setiap orang membutuhkan beberapa bentuk latihan setiap hari.

3. Meningkatkan kreatifitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan di alam juga bisa meningkatkan kreativitas dan fungsi kognitif. Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah juga memiliki konsentrasi yang lebih bagus. (Jpnn/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan