oleh

Kangen Hiking? Ini Jadwal Pendakian Gunung Semeru yang Sudah Buka Kembali

MALANG – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyatakan mulai 1 April 2021 pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur kembali buka setelah lama tutup sejak akhir 2020 lalu.

Sebelumnya, pendakian Gunung Semeru tutup sementara pada 29 November 2020. Sebab, terdapat peningkatan aktivitas pada gunung yang memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Saat itu, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut meletus dan mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur mencapai 1.000 meter. Akibat peningkatan aktivitas itu, ratusan warga yang tinggal di lereng Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, harus mengungsi.

Pada 30 Desember 2020 Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akhirnya memutuskan untuk menutup secara total pendakian Gunung Semeru. Alasannya, kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah Jawa Timur bisa membahayakan keselamatan para pendaki.

Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Agus Budi Santosa mengatakan keputusan untuk kembali membuka pendakian Gunung Semeru tersebut merupakan hasil rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru buka kembali pada hari Kamis 1 April 2021,” Agus di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, (30/3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga