Jangan Tidur Dekat HP, Resikonya Mengerikan!

Jabarekspres.com- HP atau ponsel zaman sekarang sudah menjadi barang yang lumrah dimiliki oleh semua kalangn dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kecanggihan ponsel saat ini membuat orang sulit melepasnya samapai aktifitas tidur pun harus dekat dengan HP.

Tapi taukah anda ada beberapa bahaya yang bisa saja terjadi jika anda tidur dekat dengan ponsel.

Berikut adalah bahaya yang dapat terjadi jika anda tidur dekat dengan ponsel yang berhasil kami rangkum dari laman hellosehat.

  1. Sebabkan Sulit tidur

Ponsel atau gadget yang lainnya memancarkan cahaya biru yang punya dampak bagi kesehatan.

Dalam Journal of Psychiatric Research, paparan cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang mengatur tidur dan mengganggu jam biologis tubuh.

Cahaya biru memancarkan gelombang panjang yang mirip dengan cahaya di siang hari.

Tubuh Anda akan mengira bahwa masih siang hari, karena penurunan produksi melatonin. Itu sebabnya anda akan susah tidur

  1. Menurunkan kualitas tidur

Beberapa lembaga di negara Swedia dan Amerika melakukan penelitian tentang paparan HP dan hasilnya adalah orang yang banyak terpapar radiasi HP butuh waktu lebih lama untuk memasuki fase tidur yang lebih dalam.

Penelitian yang di Arab Saudi juga menemukan bahwa orang yang biasa bermain HP lebih dari 8 jam per hari, bermain HP sebelum tidur, dan tidur dekat HP ternyata rata-rata memiliki kualitas tidur yang buruk.

  1. Meningkatkan risiko kebakaran

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, kebiasaan meletakan HP atau gadget dengan jarak yang dekat pada saat kita tidur berpotensi menyebabkan kebakaran.

Banyak artikel berita yang memeberitakan ada HP yang meledak saat sedang di charge atau di isi daya. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal itu bisa tejadi karena ponsel yang sedang di charge itu akan lebih cepat panas dan jika anda meletakan ponsel yang dicharge di kasur maka akan menyebabkan ponsel akan mengalami kenaikan suhu yang cepat.

Karena kasur akan menyerap panas sehingga membuat suhu ponsel semakin tinggi.

  1. Berpotensi meningkatkan risiko kanker

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan