Laporan Posisi Keuangan: Ini Fungsi dan Contohnya

Jabarekspres.com – Istilah laporan posisi keuangan tentu sudah akrab di telinga kalangan pengusaha yang kini memiliki perusahaan.

Laporan posisi keuangan atau disebut statement of financial position menjadi salah satu hal penting yang harus diketahui pengusaha.

Dalam praktiknya pembuatan dokumen tersebut sangat vital dibutuhkan karena bisa sebagai sebuah rujukan bagi setiap perusahaan.

Lantas apa arti dari laporan ini?

Dihimpun berbagai sumber, para ahli dan pakar ekonomi menjelaskan ada beberapa pengertian dari dokumen tersebut.

Ada yang menyebut laporan keuangan berisi rangkaian pelaporan dana perusahaan di setiap siklus akuntansi perusahaan.

Laporan ini pun menjadi pegangan. Pasalnya menyatakan bagaimana kinerja perusahaan misal selama satu periode terakhir.

Dari laporan ini, dapat diketahui berbagai data. Apakah perusahaan mengalami kerugian atau tidak. Lalu, progres dari perusahaan.

Pakar ekonomi lainnya menyatakan dokumen ini adalah bentuk laporan yang memuat kondisi harta, kewajiban, dan juga modal.

Sementara itu dalam kondisi tertentu, statements of financial position ini juga sering disebut dengan neraca atau balance sheet.

Setelah mengetahui arti dari laporan posisi keuangan itu, mari kita ulas mengenai apa saja sih fungsinya untuk perusahaan?

Pada dasarnya, fungsi dokumen ini guna mengetahui kondisi utang, aktiva, dan juga modal suatu entitas pada suatu waktu tertentu.

Setelah tahu, maka nantinya akan menjadi pertimbangan bagi suatu entitas atau perusahaan dalam membuat suatu kebijakan strategis.

Setidaknya terdapat dua penyajian laporan posisi keuangan yang bisa menjadi gambaran dalam menilai kondisi anggaran perusahaan.

1. Bentuk Staffel

Laporan yang disajikan dengan bentuk vertikal. Setiap pos aset akan dilaporkan pada bagian paling atas, lalu diikuti dengan berbagai pos liabilitas dan juga ekuitas pemilik saham.

2. Bentuk Skontro

Memakai format laporan neraca. Mencantumkan pos aset, kewajiban dan juga ekuitas pemilik saham akan disajikan secara berdampingan.

Berbagai pos tersebut akan disajikan pada sisi kiri, dan pada sisi kanannya akan disajikan pos kewajiban dan juga ekuitas.

Cara Membuat Laporan Posisi Keuangan

Secara sederhana, terdapat enam langkah dan cara membuat statements of financial position, yakni:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan