454 Praja Utama IPDN Akan Praktik Lapangan di Pemda Kabupaten Bandung

SOREANGSekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Cakra Amiyana memimpin Apel Bersama Pegawai Pemkab Bandung sekaligus membuka Praktik Lapangan IV Bagi Satuan Praja Utama, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIX di Lapangan Upakarti, Soreang, Senin (7/3).

Diketahui, sebanyak 454 praja akan disebar ke 85 desa dan 6 kelurahan di 10 kecamatan di Kabupaten Bandung.

Cakra menyatakan, praktik lapangan tersebut dapat membuka wawasan para praja tentang proses kegiatan pemerintahan, sehingga seluruh peserta dapat memperoleh pengetahuan serta keterampilan di lapangan.

Selain itu, lanjut Cakra, kehadiran praja IPDN juga dapat menjadi daya ungkit bagi terwujudnya visi pembangunan daerah, yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera.

“Meski hanya 19 hari, kami berharap dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tuangkan ide, gagasan, inovasi dan akselerasi untuk menghasilkan solusi bagi permasalahan di setiap wilayah atau lokasi praktik,” ungkap Cakra.

Cakra juga mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung selalu menunjukkan profesionalitas kerjanya. Tidak hanya aspek kehadiran, namun juga peningkatan kinerja melalui inovasi dalam efektivitas pelayanan publik.

Dirinya juga meminta seluruh perangkat daerah (PD) untuk berkomitmen tertib melaksanakan pengelolaan keuangan, mulai dari tahap perencanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban, serta pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Mengingat saat ini, kata Cakra pemeriksaan interim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar telah berlangsung di Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Kami berharap semua perangkat daerah bisa berperan aktif dan kooperatif dalam memenuhi kewajiban pemeriksaan, menindaklanjuti temuan-temuan BPK dengan tepat waktu,” jelas Cakra.

Komitmen tersebut, lanjut Cakra, merupakan upaya pemerintah daerah dalam mempertahankan dan meraih kembali predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Seperti kita ketahui, Pemkab Bandung sudah lima kali berturut-turut meraih Opini WTP. Dengan sinergitas yang terjalin, insya Allah predikat WTP kembali diraih untuk keenam kalinya,” tandasnya. (yul)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan