IPDN Bina Masyarakat Desa, Ini Tanggapan Camat Jatinangor

SUMEDANG – Camat Jatinagor, Herry Dewantara apresiasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa binaan berbasis program studi yang diselenggarakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kegiatan bina masyarakat desa berbasis studi oleh IPDN itu berlangsung di empat desa. Adapun empat desa tersebut yaitu Cilayung, Cileles, Hegarmanah dan Desa Cibeusi yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

“Dengan kegiatan yang dilaksanakan para dosen IPDN tentunya bisa sangat membantu masyarakat,” kata Herry saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/9).

“Terlebih lagi, dosen-dosen IPDN itu turun langsung ke masyarakat desa,” tambahnya.

Terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh dosen-dosen IPDN kepada masyarakat seperti mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga bagaimana meningkatkan kemajuan BUMDes termasuk izin pendirianya.

Selain itu sistem pemasaran yang saat ini menggunakan model online, IPDN juga memberikan bimbingan bagaimana cara memasarkan produk secara digital agar situasi pandemi seperti saat ini, masyarakat dapat memasarkan hasil produksinya.

“Saya harap melalui program ini, IPDN bisa memberikan kontribusi, solusi permasalahan di masyarakat yang ada di empat desa Kecamatan Jatinangor,” ujarnya.

Herry menuturkan, kegiatan IPDN tersebut dimaksudkan untuk membantu serta meningkatkan kemandirian masyarakat.

“Memberdayakan potensi masyarakat maupun sumber daya alam di lingkungannya yang belum termanfaatkan dengan baik, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kemandirian masyarakat itu sendiri,” tutup Herry. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan