Perpustakaan Coworking Space

Perpustakaan Coworking Space

PERPUSTAKAAN Nasional (Perpusnas) RI telah merilis bahwa tantangan perpustakaan adalah perpustakaan sebagai coworking space, perpustakaan sebagai marketplace, perpustakaan sebagai inisiator  digital publishing, perpustakaan sebagai repositori pengetahuan nasional, dan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial mempercepat pemulihan ekonomi.

Dalam tulisan ini akan dibahas perpustakaan sebagai coworking space, meskipun Perpusnas RI belum mengeluarkan panduan atau pedoman bagaimana pelaksanaan dari perpustakaan sebagai coworking space ini.

Perpustakaan  sebagai coworking space bisa diartikan bahwa perpustakaan tidak hanya memberikan layanan peminjaman buku saja, akan tetapi juga dapat menjadi fasilitas  yang  memberikan banyak layanan kepada para pemustakanya.

Makanya, perpustakaan berperan sebagai coworking space dalam mendukung arah transformasi perpustakaan untuk capacity building, mindset change, design dan interactivity.

Arti capacity building, perpustakaan berperan sebagai pusat ilmu pengetahuan. Transformasi perpustakaan  sebagai pusat ilmu pengetahuan yakni sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat, melahirkan berbagai inovasi dan kreativitas masyarakat.

Dalam hal mindset change, di mana transformasi perpustakaan sebagai pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat, yakni berkomitmen  pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, transformasi perpustakaan  sebagai pusat kebudayaan melalui pelestarian dan pemajuan khazanah budaya bangsa secara berkelanjutan untuk kemajuan masyarakat.

Memang benar harus kita akui bahwa sekarang ini kebutuhan akan ruangan untuk beraktivitas dengan melibatkan berbagai pihak semakin sulit didapatkan, karena keterbatasan tempat atau lokasi yang sangat strategis, tempatya di tengah kota, maka salah satu solusinya perpustakaan bisa berperan sebagai coworking space.

Dalam laman voffice.co.id, dijelaskan bahwa coworking space adalah ruang kerja baru  dimana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan/organisasi yang berbeda di satu tempat. Coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Coworking space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan