Kencing Bau Kopi, Apa Berbahaya? Ini Kata Dokter Saddam Ismail

Jabarekspres.com – Untuk mengatasi rasa kantuk yang hinggap, solusi utama adalah dengan minum kopi. Namun, ketika sedang buang air kecil tercium aroma menyengat dari kopi.

Bagi Anda penikmat kopi pasti sering mengalami hal ini. Lalu timbul pertanyaan apakah bau menyengat kopi pada urine itu berbahaya?

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari tayangan YouTube Saddam Ismail pada Jum’at 4 Maret 2022, berikut penjelasan lengkapnya.

Menurut Dokter Saddam Ismail, semakin banyak seseorang minum kopi, maka akan menghasilkan urine yang menyengat bau kopi.

“Jadi makin banyak temen-temen minum kopi, makin pekat urinnya, makin banyak urinnya, kemudian baunya juga akan semakin menyengat,” kata Dokter Saddam Ismail.

Lalu, apakah kencing bau kopi berbahaya? Dokter Saddam Ismail mengutarakan kalau bau menyengat aroma kopi di urine itu tidak berbahaya, karena antioksidan dari kopi akan mengeluarkan bau untuk urine kita.

“Ketika temen-temen mengonsumsi kopi, minum kopi, kemudian bau urinnya jadi menyengat, bau seperti kopi, itu tidak berbahaya, karena antioksidan yang terdapat di kopi, kafeinnya juga, itu akan mempengaruhi bau kencing temen-temen,” lanjutnya.

Berapa batasan seseorang minum kopi dalam sehari? dalam satu hari penuh itu maksimal 3 gelas atau 3 cangkir kopi.

“Untuk satu hari penuh, sebaiknya minum kopi maksimal 3 gelas, atau 3 cangkir,” tambahnya.

Apa yang terjadi apabila kita terlalu banyak minum kopi? Itu akan menyebabkan overdosis kafein yang dapat menganggu kondisi kesehatan tubuh.

Seperti sakit kepala, kemudian perasaan gelisah, mual dan muntah, insomnia kronis, nyeri dada, sering buang air kecil, dehidrasi, detak jantung cepat, sulit bernafas dan bisa berhalusinasi.

“Temen-temen kalau overdosis kafein, temen-temen bisa mengalami namanya sakit kepala, kemudian perasaan gelisah, mual dan muntah, insomnia kronis, nyeri dada, sering buang air kecil, dehidrasi, detak jantung cepat, sulit bernafas dan bisa berhalusinasi,” ungkapnya.

Bagaimana cara menghilangkan kencing bau kopi? cukup dengan menghentikan minum kopi dan banyak minum air putih, agar terhindar dari dehidrasi.

“Untuk mengatasi kencing yang bau seperti kopi, temen-temen tinggal menghentikan minum kopinya, kemudian minum air putih, supaya mencegah dehidrasi juga,”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan