Hati-Hati! Makanan dengan Ciri Ini Mengandung Boraks

Jabarekspres.com – Publik sempat dihebohkan oleh acara televisi yang melakukan investigasi terhadap jajanan kaki lima yang memiliki ciri makanan mengandung boraks.

Tingkat kesadaran masyarakat tentang bahaya boraks masih terbilang rendah, sedangkan boraks adalah zat kimia berbahaya yang bisa menimbulkan masalah kesehatan bila tertelan atau terhirup.

Akan tetapi, boraks tidak jarang ditambahkan ke dalam makanan oleh sebagian penjual makanan. Padahal, penggunaan boraks pada makanan telah lama dilarang di Indonesia.

Boraks sering digunakan untuk bahan nonpangan, seperti pengawet kayu, pembuatan gelas, bahan pestisida, dan campuran pembersih lantai. Namun, ada sebagian produsen makanan yang menyalahgunakan boraks agar produk makanannya menjadi lebih kenyal dan awet.

Alasan boraks kerap digunakan sebagai bahan pengawet adalah mudah diperoleh, harganya murah, dan membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik.

Makanan mengandung boraks kerap ditemukan di dalam berbagai produk, misalnya mie, bakso, pangsit, tahu, dan kerupuk.

Lantas, bagaimana ciri-ciri makanan yang mengandung boraks? dilansir dari Alodokter pada Jum’at 4 Maret 2022, berikut ini cirinya.

Perlu diketahui, makanan yang mengandung bahan kimia boraks memang tidak mudah untuk dikenali. Tapi, ada beberapa ciri dari makanan yang mengandung boraks, seperti:

1. Bentuk dan tekstur sangat kenyal, padat, dan tidak mudah hancur

2. Warna terlihat lebih putih

3. Bau tidak sedap

4. Lebih tahan lama atau awet selama beberapa hari

Bahaya bahan kimia boraks bagi kesehatan memang tidak bisa diabaikan begitu saja, Anda harus lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Ketika Anda membeli makanan dalam kemasan, maka bacalah label produk dan pastikan makanan itu telah terdaftar di BPOM.

Apabila Anda ingin membeli jajanan di kaki lima, untuk rasa aman pastikan ciri-ciri makanan yang mengandung boraks di atas.

Jika setelah mengonsumsi makanan tersebut Anda mengalami mual, muntah, atau diare, segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan lupa unutk menjaga keluarga Anda, dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan