Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup, Cocok Bagi yang Hendak Melamar Kerja

Jabarekspres.com – Berikut ini cara mengisi daftar riwayat hidup, cocok bagi Anda yang hendak melamar pekerjaan.

Pada saat melamar suatu pekerjaan, pasti Anda diminta lampiran daftar riwayat hidup, bagi yang belum pernah membuat daftar riwayat hidup, hal ini pasti menjadi tantangan tersendiri.

Namun, Anda semua beruntung karena Jabar Ekspres akan memberikan contoh daftar riwayat hidup, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba untuk melamar pekerjaan.

Lalu, bagaimana cara mengisi daftar riwayat hidup dengan benar? Simak artikel ini sampai habis ya.

Tujuan Daftar Riwayat Hidup

Tujuan dari daftar riwayat hidup adalah untuk memperkenalkan diri secara tidak langsung dengan tertulis tentang data pribadi, latar belakang pendidikan dan lain sebagainya.

Daftar riwayat hidup biasanya dilampirkan bersamaan dengan lamaran kerja, maka dokumen tersebut akan memberikan gambaran diri Anda kepada HRD.

Jadi, HRD nantinya akan melihat latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja yang Anda miliki.

Apabila Anda seorang freshgraduate maka bisa mencantumkan pengalaman organisasi, maka dalam proses membuat daftar riwayat hidup itu harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Sebagai dokumen yang bertujuan untuk memperkenalkan diri Anda, daftar riwayat hidup wajib memuat informasi yang lengkap mengenai secara jujur.

Oleh karena itu, daftar riwayat hidup harus ditulis sebaik dan semenarik mungkin.

Bagi Anda yang belum punya bayangan seperti apa cara mengisi daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Berikut ini Jabar Ekspres merangkum dari berbagai sumber tentang cara mengisi daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.

1. Tidak Perlu Bertele-tele

Cara mengisi daftar riwayat hidup yang baik adalah buat sepadat dan serapi mungkin. Jangan sampai bertele-tele, bahkan sampai menyisipkan informasi  yang tidak relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

2. Tulis Identitas Diri dengan Rinci

Identitas diri jadi bagian terpenting dalam daftar riwayat hidup. Anda bisa mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor handphone serta alamat e-mail.

Pasang juga pas foto terbaru agar daftar riwayat hidup terlihat lebih menarik, Anda juga bisa memuat beberapa informasi tambahan yang dirasa HRD perlu mengetahui informasi ini di awal.

Tinggalkan Balasan