Antisipasi Geng Motor, Polres Tasikmalaya Gencar Razia Malam

TASIKMALAYA – Petugas gabungan dari Polres Tasikmalaya Kota sedang gencar melakukan razia malam, untuk Mengantisipasi aksi brutal brandalan (geng) bermotor di malam hari.

Operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) salah satunya dilaksanakan pada Jumat (26/02) malam.

Dalam operasi tersebut, sejumlah sepeda motor berknalpot bising dan tanpa surat kelengkapan kendaraan diamankan oleh petugas.

Menurut Perwira Pengendali (Padal) Operasi KRYD Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Agus Khusaeni,pelanggar didominasi anak di bawah umur yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Sesuai perintah pimpinan bahwa operasi ini dilakukan dalam rangka antisipasi brandalan bermotor, kita melakukan Operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatan (KRYD),” kata Sabtu (26/02/22).

“Sasaran dalam operasi ini, yaitu kendaraan yang terindikasi cikal bakal geng motor. Diantaranya yang menggunakan knalpot bising,” sambungnya.

Operasi dilakukan dengan patroli secara mobile mengelilingi lokasi rawan kriminalitas. Sejumlah remaja yang tengah nongkrong diperiksa petugas, mengantisipasi peredaran minuman keras (miras) dan senjata tajam.

Sejumlah yang membawa sepeda motor berknalpot bising langsung diamankan berikut barang bukti sepeda motor yang dibawanya.

“Kita juga lakukan patroli secara mobile, mengantisipasi ditakutkan ditemukan aksi kriminalitas seperti ada yang bawa senjata tajam atau narkoba dan minuman keras,” terangnya.

Guna memberikan efek jera, para pelanggar yang terjaring operasi langsung disanksi berupa tilang di tempat. Selain itu, jika kendaraannya tak sesuai standar langsung dikandangkan.

“Semua yang terjaring langsung kami tilang di tempat. Jika kendaraannya tak sesuai kami juga langsung menahan kendaraan tersebut,” jelasnya.

Operasi dilakukan di beberapa titik wilayah perkotaan. Seperti pertigaan Rancabango dan titik-titik lainnya di pusat kota. (rt/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan