Pagi ini, Gempa Kembali Guncang Enggano Bengkulu 

BENGKULU – Setelah kemarin diguncang gempa bumi di Pasaman Barat, pagi ini gempa kembali guncang tanah tanah air. Kali ini gempa bumi dengan mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu, pada Sabtu (26/2) sekitar pukul 06.8 WIB.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasar laporan dari laman resmi BMKG, pusat gempa berada pada koordinat 4.92 LS dan 101.72 BT di laut, tepatnya 77 km arah barat laut Enggano dengan kedalaman 18 km.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di laman resminya.

Getaran gempa dirasakan di Bengkulu dengan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Untuk skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Gempa juga terjadi sehari sebelumnya, yakni  Jumat (25/2). Gempa bumi terjadi di wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat,  dengan kekuatan  magnitudo 6,2

Guncangan gempa tersebut membuat masyarakat di Kabupaten Agam sempat berhamburan keluar rumah. Warga keluar dari bangunan untuk mengantisipasi bahaya dari gempa Pasaman Barat.

Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa, sementara ribuan jiwa lainnya diungsikan kelokasi yang lebih aman dengan mendirikan tenda-tenda darurat. (jpnn/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan