Anies Baswedan Dukung Pemberian Gelar Pahlawan untuk H.B. Jassin

Jabarekspres.com – Anies Baswedan menyetujui dan mendukung status H.B. Jassin sebagai pahlawan nasional dalam Seminar Nasional pengusulan H.B. Jassin menjadi Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta, dilansir dari Tempo, Selasa (22/02/2022).

Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa H.B. Jassin adalah tokoh terkemuka yang mempunyai peran penting dalam perjalanan kebudayaan Indonesia.

Oleh karena itu Anies antusias dalam menempatkan pionier sastra Indonesia itu sebagai figur patriotistik bagi bangsa Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi ikhtiar menempatkan H.B. Jassin sebagai Pahlawan Nasional. H.B. Jassin ini menjadi penghubung antara Gorontalo dan Jakarta. Lahirnya di Gorontalo, bersemayamnya di Jakarta, bermanfaatnya di seluruh Indonesia,” kata Anies

Ia juga menyampaikan bahwa momen tersebut tidak boleh sekadar mengenang perjalanan dan pemikiran kritikus sastra Indonesia termahsyur itu, namun juga mesti dimaksudkan untuk menghubungkan perjuangannya itu dengan masa sekarang.

“Bukan sekedar menuliskan rentetan peristiwa yang dialaminya, karena kita semua sadar betapa besar peran seorang H.B. Jassin di dalam perjalanan kebangsaan kita. Beliau ini unik, profesi yang membuatnya terkenal adalah kritikus sastra, pekerjaannya mengkritik kata-kata. Pusat Dokumentasi Sastra yang didirikannya menjadi salah satu yang terlengkap di dunia,” urainya.

Dukungan pemberian gelar pahlawan bagi H.B Jassin itu kemudian bergema kembali di Senayan.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel juga menyampaikan dan mengusulkan agar H.B. Jassin masuk ke dalam deretan Pahlawan Nasional Indonesia.

Politisi jebolan NasDem itu sepakat bahwa H.B. Jassin merupakan tokoh yang mempunyai peran besar dalam membangun nilai-nilai budaya bangsa Indonesia khususnya lewat arena kesenian sastra Indonesia.

Bahkan legislator dapil Gorontalo itu tidak mau berhenti sampai di situ. Ia juga berencana membuat penghargaan bagi kalangan penyair atau penulis yang mempunyai semangat meneruskan pemikiran-pemikiran atau nilai-nilai yang telah H.B. Jassin sebarkan.

“Kita kan juga tidak stop sampai di gelar pahlawan yang diberikan tapi kita akan buat bersama-sama dengan kawan-kawan tadi seperti dikatakan, saya akan mencoba membuat ada ‘Jassin Award’ untuk para kritikus-kritikus untuk membangun khazanah maupun semangat para sastrawan kita semua sehingga kita harus melestarikan nilai-nilai yang sudah dibangun yang sudah dibuat almarhum sendiri,” ungkap Gobel, di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan