Anies Baswedan Dukung Pemberian Gelar Pahlawan untuk H.B. Jassin

Editor:

Jabarekspres.com – Anies Baswedan menyetujui dan mendukung status H.B. Jassin sebagai pahlawan nasional dalam Seminar Nasional pengusulan H.B. Jassin menjadi Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta, dilansir dari Tempo, Selasa (22/02/2022).

Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa H.B. Jassin adalah tokoh terkemuka yang mempunyai peran penting dalam perjalanan kebudayaan Indonesia.

Oleh karena itu Anies antusias dalam menempatkan pionier sastra Indonesia itu sebagai figur patriotistik bagi bangsa Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi ikhtiar menempatkan H.B. Jassin sebagai Pahlawan Nasional. H.B. Jassin ini menjadi penghubung antara Gorontalo dan Jakarta. Lahirnya di Gorontalo, bersemayamnya di Jakarta, bermanfaatnya di seluruh Indonesia,” kata Anies

Ia juga menyampaikan bahwa momen tersebut tidak boleh sekadar mengenang perjalanan dan pemikiran kritikus sastra Indonesia termahsyur itu, namun juga mesti dimaksudkan untuk menghubungkan perjuangannya itu dengan masa sekarang.

“Bukan sekedar menuliskan rentetan peristiwa yang dialaminya, karena kita semua sadar betapa besar peran seorang H.B. Jassin di dalam perjalanan kebangsaan kita. Beliau ini unik, profesi yang membuatnya terkenal adalah kritikus sastra, pekerjaannya mengkritik kata-kata. Pusat Dokumentasi Sastra yang didirikannya menjadi salah satu yang terlengkap di dunia,” urainya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *