Inilah 6 Keistimewaan Udang untuk Kesehatan

Jabarekspres.com – Udang merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh banyak orang, tapi bagi yang mempunyai alergi makanan laut, tentunya harus menghindari hal ini.

Perlu kita ketahui bahwa udang ternyata memiliki khasiat yang begitu besar bagi tubuh kita, selain memiliki kandungan protein yang baik, ternyata masih banyak lagi manfaat dari udang.

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari The Healthy pada Rabu 23 Februari 2022, berikut ini 6 khasiat udang untuk kesehatan tubuh.

1. Sumber protein yang baik

Per 3 ons udang yang dimasak,  kita bisa mendapatkan 20 gram protein yang luar biasa, yaitu 40 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Protein dalam udang dapat membantu membuat kita kenyang lebih lama, yang penting untuk manajemen berat badan dan olahraga.

2. Sumber mineral bermanfaat

Manfaat kesehatan dari udang berasal pada nutrisi yang dikandungnya.

Udang adalah makanan laut rendah kalori serbaguna yang menyediakan yodium, fosfor, seng, dan magnesium

Misalnya, seng bermanfaat untuk kekebalan tubuh, dan magnesium bermanfaat untuk segala hal mulai dari kesehatan tulang hingga tekanan darah.

3. Manfaat kesehatan jantung

Menurut penelitian di Mayo Clinic Proceedings, udang menyediakan asam eicosapentaenoic anti-inflamasi dan asam docosahexaenoic, keduanya merupakan asam lemak omega-3.

Meningkatkan asupan omega-3 ini secara signifikan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain di Mayo Clinic Proceedings mencatat bahwa asupan udang dikaitkan dengan peningkatan panel lipid.

Selain itu, ada penelitian yang mengatakan bahwa makan udang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang yang tidak makan udang.

4. Dapat meningkatkan kesehatan kognitif

Lalu, apa manfaat udang teratas lainnya? Makanan laut mengandung astaxanthin, antioksidan yang dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sifat anti-inflamasi astaxanthin juga telah terbukti membantu diabetes, gastrointestinal, ginjal, dan penyakit kulit dan mata.

5. Bermanfaat untuk kehamilan

Makan makanan laut selama kehamilan bisa sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lahir, makanan laut telah terbukti bermanfaat selama kehamilan untuk perkembangan neurokognitif bayi.

Kabar baiknya adalah udang termasuk dalam kategori makanan laut “pilihan terbaik” untuk wanita yang mencoba hamil, sedang hamil, atau sedang menyusui, serta anak kecil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan