Erick Thohir Apresiasi Pemberdayaan UMKM oleh BRI dengan Membentuk Pasar.id

KEBUMEN Menteri BUMM Erick Thohir mengatakan, keberadaan Usaha Mikro, Kesil dan Menengah (UMKM) melalui penyaluran kredit Usaha Rakyat (KUR) saat ini menjadi fokus pemerintah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Erick Thohir, sejauh ini Inisiatif PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam mendampingi UMKM sangat mendukung ekonomi pro rakyat.

‘’BRI layak disebut menjadi lokomotif ekonomi pro-rakyat yang bisa mendatangkan multiplier effect kuat yang mendorong UMKM naik kelas,’’kata Erick Thohir dalam ketarangannya, (21/2).

Adanya intervensi dengan memberikan bantuan kredit modal dan pendampingan menhasilkan efek kuat untuk mengakselerasi kesejahteraan pelaku usaha.

Erick Thohir menilai, adanya COVID-19 ini sangat menekan secara ekonomi, karena ada keterbatasan bergerak sehingga muncul kesenjangan ekonomi.

‘’Karena itu perlu diintervensi, dan caranya adalah di BUMN mencoba menyeimbangkan apa yang menjadi ketidakseimbangan itu,” ujar Erick.

Erick pun mengajak pelaku usaha untuk senantiasa memanfaatkan adanya penyaluran kredit dengan bunga yang terjangkau di BRI.

Dengan begitu, pelaku usaha punya tambahan stimulus untuk meningkatkan produktivitas usaha dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan dapat membuka lapangan kerja baru.

Erick Thohir menyebutkan, BRI memang telah lama dikenal sebagai bank penyalur kredit mikro. Bahkan memalui KUR, BRI merupakan Bank terbesar di Indonesia yang menyalurkan kredit usaha.

Sepanjang tahun lalu, BRI telah menyalurkan total kredit sebesar RP1.042,97 triliun. Penyaluran itu didominasi oleh segmen mikro sebesar Rp483,9 triliun dan segmen kecil & menengah sebesar Rp240,35 triliun.

Erick Tohir mengatakan, dengan adanya penyaluran kredit ini diharapakan pelaku usaha juga dapat memanfaatkan digitalisasi agar dapat mengeruk pendapatan.

Seperti upaya BRI mendukung UMKM go digital melalui penyediaan pasar online dengan membentu E-Commerce seperti Pasar.id

“Dengan segala kerendahan hati, kita berharap para pedagang yang ada di pasar juga bekerjasama dengan Himbara, salah satunya BRI,’’ tutur Erick.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi  mengatakan, sangat mengapresiasi keberadaan Pasar.Id yang dibentuk oleh BRI.

Keberadaan pasar.id  menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjawab tantangan ekonomi global.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan