Benarkah Mencukur Membuat Rambut Menjadi Tebal? Berikut Jawabannya

Jabarekspres.com – Sebagian orang berpendapat bahwa mencukur rambut justru bisa membuatnya lebih tebal, apakah hal itu benar?

Pada saat Anda ingin menghilangkan bulu tubuh yang tidak diinginkan, metode penghilangan apa pun biasanya akan memiliki pendapat pro dan kontra.

Namun, salah satu cara yang paling umum dan sering digunakan adalah memotong dengan pisau cukur, meskipun murah, tapi tidak menyakitkan, dan nyaman, beberapa orang bahkan percaya bahwa itu menyebabkan rambut tumbuh lebih tebal atau lebih gelap.

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari The Healthy pada Rabu 23 Februari 2022, berikut jawaban mengenai benarkah menucukur membuat rambut menjadi tebal?

Apa pengaruh mencukur pada rambut?

Menurut Annie Gonzalez, MD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami, mencukur tidak mengubah tingkat pertumbuhan, warna, atau ketebalan rambut.

Apakah mencukur membuat rambut lebih tebal?

Dr. Gonzalez menegaskan bahwa memotong rambut membuatnya tumbuh lebih tebal adalah mitos.

Tepat setelah Anda bercukur, ujung rambut mungkin terasa kasar, membuat rambut tampak lebih tebal dan lebih gelap, tetapi sebenarnya itu tidak berpengaruh.

Memotong sebagian rambut tidak mengubah apa pun tentang proses pertumbuhan rambut, dan tidak ada ilmu di balik rambut yang tumbuh kembali lebih tebal atau lebih gelap setelah bercukur.

Memotong bagian rambut yang mati, bukan bagian hidup yang terletak di bawah permukaan kulit, itulah sebabnya hal tersebut tidak mempengaruhi tingkat atau jenis pertumbuhan.

Setelah mencukur, rambut biasanya akan tumbuh kembali dengan ujung yang tumpul dan terasa tidak beraturan dan kasar, itulah sebabnya terkadang terlihat lebih tebal.

Maka dari itulah asal muasal mitos kecantikan bahwa rambut akan tumbuh kembali lebih tebal setelah bercukur.

Tips mencukur dari ahlinya

Dr. Gonzalez menawarkan beberapa tips terbaik dalam mencukur rambut pada kaki dan membuat pengalaman bercukur menjadi menyenangkan.

1. Hindari mandi dengan air hangat, karena air panas saat mandi dan bercukur dapat mengurangi kadar air kulit sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi.

2. Mencukur ke arah pertumbuhan rambut di mana kulit Anda lebih sensitif untuk menghindari benjolan pisau cukur, iritasi, dan luka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan