5 Cara Ini Membuat Hidup Menjadi Lebih Optimis

Jabarekspres.com – Kurang optimis dalam menjalani hidup? Maka baca terus artikel ini sampai habis karena ada 5 cara untuk membuat hidup menjadi lebih optimis.

Pandangan optimis itu baik untuk kesehatan mental Anda, akan tetapi mempertahankan pandangan positif jika memiliki kecenderungan rasa pesimis, justru itu bukan sesuatu yang mudah.

Untungnya, ada cara untuk menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup, dan membuat tantangan menjadi lebih mudah untuk dihadapi.

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari The Healthy pada Rabu 23 Februari 2022, berikut 5 cara membuat hidup menjadi lebih optimis.

1. Fokus pada apa yang bisa anda kendalikan

Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan saat ini. Misalnya, jika Anda tidak mendapatkan promosi pekerjaan yang Anda inginkan, maka jangan memikirkan hal negatifnya. Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mencapai tujuan.

Psikolog merekomendasikan untuk tetap fokus pada apa yang terjadi saat ini. Hal itu memudahkan Anda untuk tetap fokus, terpusat, dan lebih positif, karena Anda tidak berurusan dengan fakta yang tidak diketahui.

2. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Tenangkan pikiran Anda dan luangkan waktu untuk diri sendiri, meskipun hanya 30 menit dalam seminggu.

Contohnya Mandi air hangat, baca buku, olahraga, atau menonton drama. Tujuannya adalah untuk terlibat dalam aktivitas yang santai dan Anda nikmati.

3. Latih rasa syukur

Rasa syukur harus tertanam di dalam diri Anda, maka luangkan lebih banyak waktu untuk merenungkan aspek positif hidup, daripada melihat kekurangan yang Anda miliki.

Sebuah rasa syukur dapat membantu membuat hidup menjadi lebih optimis. Coba awali hari dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri. Renungkan mengapa hal-hal ini sangat berharga bagi Anda.

4. Bersikap baik

Berlatih bersikap baik kepada orang lain, bahkan selama masa stres atau saat Anda merasa tertantang. Dalam banyak kasus, melakukan kebaikan lebih bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

5. Buang pikiran negatif sejak awal

Wajar jika pikiran negatif muncul sesekali. Mari kita hadapi karena di dalam hidup pasti segala sesuatunya tidak selalu berjalan dengan mulus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan