Ibu Kota Baru Dipastikan Punya Jaringan 5G

Jakarta- Kemenkominfo atau Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa Ibu Kota Negara yang baru atau IKN akan memiliki teknologi jaringan tebaru yakni jaringan 5G.

Jaringan 5G ini adalah jaringan terbaru yang nantintya akan menunjang Ibu Kota negara (IKN) dengan sistem tata kota smart city.

Untuk diketahui jaringan 5G adalah jaringan yang baru setelah jaringan generasi sebelumnya yakni 4G. Jaringan 5G dipercaya menjadi jaringan yang tercepat dibanding jaringan-jaringan sebelumnya.

Dilansir dari JPNN.com Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kemenkominfo menuturkan bahwa infrastruktur jarinagn telekomunikasi 5G ini sudah rampung mengikuti cetak biru dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

“Desain tersebut disusun sesuai hasil koordinasi antara Kementerian Kominfo dengan pihak terkait yang berencana menerapkan teknologi 5G,” ujar Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi.

Saaat ini Kemenkominfo tengah melakukan pemetaan jaringan backbone maupun akses di Ibu Kota Negara yang akan bernama Nusantara itu.

Pemetaan itu terdiri dari infrastruktur penunjang perangkat aktif serta pasif, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan layanan fixed broadband maupun layanan mobile broadband.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.