Mana yang Lebih Pahit Kopi Robusta atau Arabika?

Jabarekspres.com- pernahkah kalian mengunjungi sebuah kafe atau pun coffee shop dan hendak membeli kopi, tapi barista memberikan kalian opsi “Mau Robusta atau Arabika ?” jika pernah apakah kalian tahu apa sih perbedaan dari 2 jenis kopi tersebut? Ini penjelasanya.

Secara umum ada dua jenis kopi yakni jenis kopi Robusta dan Arabika. Dari kedua jenis kopi tersebut mempunyai keunikan dari segi rasa, aroma, serta tekstur biji kopi.

Ini dia perbedaan rasa antara kedua jenis kopi ini.

1. Kopi Robusta

Dilansir dari food.detik.com bahwasanya kopi robusta mempunyai aroma yang kuat, namun mempunyai rasa yang netral.

Sebelum di sangrai kopi robusta memiliki aroma yang mirip dengan aroma kacang-kacangan, namun setelah disangrai aroma biji kopi robusta dinilai tak terlalu nikmat.

Dari segi rasa kopi robusta cocok dinikmati oleh para pencinta kopi yang menyukai rasa yang kuat.

Lalu kopi robusta memiliki kadar Caffein yang tinggi yakni di angka 1,8- 4 persen, hal ini mengakibatkan rasa kopi jenis robusta menjadi cenderung pahit.

2. Kopi Arabika

Kopi jenis ini mempunyai kadar gula yang lebih tinggi dibanding jenis robusta. Sementara itu kopi jenis arabika mempunyai aroma yang bervariatif.

Sebelum disangrai biji kopi arabika mengeluarkan aroma seperti blueberry. Dan yang uniknya lagi aroma kopi arabika akan mengikuti aroma tumbuhan yang ditanam didekatnya.

Sesudah disangrai kopi jenis arabika ini mengeluarkan aroma seperti aroma bunga hingga aroma kacang-kacangan.

Dari sedirasa, karena kopi jenis arabika ini mengandung kadar gula yang tinggi maka rasa kopi robusta ini lebih cenderung manis dan asam.

Maka dari itu lebih dianjurkan untuk menikmati kopi jenis arabika ini secara original tanpa ditambah gula.

Itu dia perbedaan rasa dari kopi jenis arabika dan robusta. Kedua jenis kopi tersebut mempunyai penggemarnya masing-masing.

Jadi jangan bingung lagi ketika kalian di beri pilihan oleh barista mau pilih biji kopi yang mana. Sesuaikan karakteristik kopi sesuai selera kalian.

Dari penjelasan tadi jenis biji kopi apa yang sesuai dengan selera kalian?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan