Sebanyak 953 Poktan BKB Kini Tersebar di Depok

DEPOK – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), mengungkapkan saat ini sudah tersebar 953 Kader Kelompok Kegiatan (Poktan) Bina Keluarga Balita (BKB) di wilayah Kota Depok.

Keberadaan Poktan BKB ini dinilai penting menimbang perannya di masyarakat sangat besar dan memberikan pengaruh bagi masyarakat.

Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, para kader Poktan perlu diberi pemahaman mendalam tentang kegiatan BKB yang dilaksanakan di masyarakat.

Atas pertimbangan itu, baru-baru ini pihaknya menggelar kegiatan Pembinaan Kader Poktan BKB. “Para kader diberikan pemahaman mendalam tentang kegiatan BKB yang dilaksanakan di masyarakat,” kata Nessi.

Pihaknya menyebut, melalui kegiatan itu, para pembina BKB dapat membantu para kader menggeliatkan kembali kegiatan melalui kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder di wilayah masing-masing.

“Harapannya, dengan peran serta elemen masyarakat, dapat melahirkan anak-anak Kota Depok yang kuat, mandiri, dan tangguh,” kata dia.

Tidak hanya itu, Nessi juga mengatakan, kegiatan tersebut mampu mewujudkan keluarga aman dan bahagia.

“Kita juga harapkan partisipasi kader PoktanBKB dari tingkat kelurahan sampai kota selama mengikuti pembinaan tersebut, dapat mensosialisasikan kembali ilmu yang didapat kepada para orang tua dalam membina tumbuh kembang anak,” ujar Nessi.

Nessi juga menyebut masyarakat kini sangat membutuhkan kehadiran kader Poktan BKB untuk membantu keluarga balita dalam mendorong pembangunan manusia pada usia dini, baik fisik, mental, intelektual, sosial, dan moral.

Di samping itu, dengan kehadiran kader Poktan mampu meningkatkan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya.

“Semoga, dengan kehadiran kader mampu membantu masyarakat di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan