Penting ! Tips Memakai Masker Medis Yang Benar Untuk Cegah Omicron

JABAREKSPRES.COM – Penggunan masker masih dipercaya menjadi salah satu senjata utama untuk mencegah penularan virus Covid-19. Terutama ditengah penyebaran Omicron yang dikatakan lebih cepat penularannya dibanding varian lain.

Meski sempat beredar kabar kalau varian Omicron mampu menembus beberapa jenis masker yang tidak direkomendasikan.

Namun , Tim medis di RS tetap mengandalkan masker berjenis N95 untuk mencegah Omicron.
Sementara masyarakat, dianjurkan memakai masker medis hingga masker dobel untuk memaksimalkan perlindungan.

Peneliti dari Selandia Baru dr. Sandhya Ramanathan memberi tips 3 cara memakai masker medis yang benar.

“Tiga hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat pakai masker adalah filtrasi (penyaringan), kesesuaian, dan kenyamanan,” kata dr. Sandhya Ramanathan.

Filtrasi adalah tentang menemukan masker yang paling baik memblokir virus seperti N95 dan masker bedah. Masker sebaiknya harus nyaman.

“Dan, pastikan ada segel dan kawat yang rapat di wajah Anda,” ujarnya.

Sebelum memakai masker bedah, pastikan tangan pemakai bersih. Sisi biru menghadap ke luar dan kawat atau segel menutupi hidung Anda. Kibaskan lipatannya untuk menutupi dagu dan pasang tali di telinga.

“Masker akan mencegah Anda tertular dari Covid-19 di dalam ruangan atau aerosol. Setidaknya mengurangi viral load,” katanya.

1. Simpul dan Selipkan

Sebuah penelitian di AS menunjukkan cara ini meningkatkan filtrasi dari 39 persen menjadi 60 persen. Ini sangat baik untuk anak-anak atau orang dengan wajah lebih kecil.

Lipat masker menjadi dua dan simpulkan setiap lingkaran di dekat masker, lalu selipkan di tepinya. Tempatkan masker di wajah, tarik ke bawah dagu dan tempelkan ke hidung, dan tarik tali ke telinga. Di tempat membuat lipatan, selipkan dan ratakan sehingga ada segel atau yang baik dan tidak ada celah.

2. Gunakan Karet jika Kendor
Menggunakan tiga karet gelang sebagai penahan di bagian luar masker bedah dapat meningkatkan tingkat filtrasi hingga 78 persen. Untuk membuatnya, lingkarkan tiga karet gelang besar bersama-sama.

3. Gunakan Masker Ganda
Pilih masker kain di luar masker medis yang menutupi dagu. Masker medis tetap wajib memiliki kawat hidung untuk hack ini. Kenakan masker bedah terlebih dahulu, dan kain di atasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan