Evakuasi ke PSJ UI, PMI Depok Sebut Pasien Covid-19 Semula Alami Gejala Batuk

DEPOK – Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok telah berhasil evakuasi satu pasien Covid-19 ke tempat isolasi terpusat di Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Indonesia (UI).

Pasien disebut terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz saat mengabrakan kondisi pasien ketika diantar ke tempat isolasi.

“Proses evakuasi dilakukan kemarin (8/2). Kondisi pasien ketika itu memberikan laporan kalau dirinya dalam kondisi batuk,” kata Dudi, Rabu (9/2).

Ia menyebut, dalam proses penjemputan pasien dibant dua petugas. Lokasi penjemputan di kawasan Kelapa Dua Depok, tepatnya dekat Kampus E Gunadarma.

“Penjemputan dilakukan pukul 16.05 WIB. Kemudian, pasien diantar ke PSJ UI menggunakan ambulans dan tiba di sana pukul 17.30 WIB,” jelas Dudi.

Selain itu, Dudi juga mengatakan bahwa pasien memiliki surat rujukan dari Puskesmas. Sehingga, pihaknya langsung mengantarkan pasien ke PSJ UI dengan sigap.

Dudi juga menginformasikan bahwa PMI Kota Depok saat ini sedang menyediakan layanan evakuasi pasien Covid-19 ke tempat isolasi yang dituju, secara gratis.

“Untuk itu, bagi warga yang membutuhkan bisa menghubungi kami. Kami juga menyiagakan dua petugas yang siap membantu masyarakat,” ucap dia.

Ia lebih lanjut mengatakan untuk hotline service dapat menghubungi Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana di nomor 081314671893.

“Atau bisa juga hubungi Staf Pelayanan Sosial Kesehatan Masyarakat (Yansoskesmas) PMI Kota Depok di nomor 088294458687,” katanya.

Adapun terkait syarat penggunaan layanan tersebut, ujar Dudi, masyarakat cukup menunjukan surat rujukan dari Puskesmas serta konfirmasi tujuan pengantaran.

“Seperti, tempat isolasi di Pusat Study Jepang (PSJ) Universitas Indonesia atau rumah sakit,” tandasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan