Gerak Cepat, PMI Cianjur dan Unit Vaksinasi Bergerak Sukses Vaksinasi 10 Kecamatan

CIANJURPMI Cianjur, Jawa Barat, bersama Unit Vaksinasi Bergerak (Mobile Vaccination Unit) menuntaskan gebyar vaksinasi di 10 kecamatan yang dimulai dari utara Cianjur dan berakhir di selatan tepatnya di Kecamatan Naringgul, dengan pencapaian vaksinasi sebanyak 18 ribu penerima vaksin.

Sekretaris PMI Cianjur, Heri Hidayat di Cianjur Minggu, mengatakan Unit Vaksinasi Bergerak terdiri dari BAZNAS, LPBI NU, BPBD Cianjur serta Retana. Vaksinasi massal digelar di pusat kecamatan-kecamatan yang menjadi target. Mulai dari Kecamatan Haurwangi, Bojongicung, Haurwangi, Cipanas, Sukaluyu, Sukanagara, Pagelaran, Cibinong, Cidaun dan Naringgul.

“Sebagian besar pencapaian vaksinasi cukup maksimal. Bahkan di beberapa kecamatan, tim dibagi beberapa kelompok untuk menggelar vaksin di balai desa. Sebagai upaya mendekatkan ke lokasi karena letak geografis yang jauh dari pusat kecamatan, ” katanya.

Bahkan tim menuntaskan target vaksinasi maksimal di tiga kecamatan selatan. Pelayanan diberikan hingga sore hari, setelah sebagian besar warga baru pulang dari sawah. ‘Untuk Kecamatan Naringgul, Unit Vaksinasi Bergerak berhasil memberikan 700 dosis untuk warga, sehingga total vaksinasi yang disalurkan mencapai 18 ribu dosis, ” katanya.

Camat Naringgul, Ijuh Sugandi mengatakan, gebyar vaksinasi yang digelar PMI Cianjur bersama Unit Vaksinasi Bergerak menambah pencapaian yang diberikan Pemkab. Hingga hari terakhir tercatat 7.000 warga telah mendapatkan vaksinasi. Sehingga angka tersebut melampaui target 5.000 penerima.

Berbagai cara dilakukan pihak Forkopimcam Naringgul, untuk menarik minat warga yang sempat menurun karena berita hoaks terkait vaksin. Namun  upaya sosialisasi yang digencarkan, termasuk melibatkan tokoh masyarakat dan alim ulama, warga kembali antusias untuk disuntik vaksin.

“Sampai saat ini warga di Kecamatan Naringgul yang sudah mendapatkan vaksinasi tuntas atau suntikan vaksin dosis kedua mencapai 30 persen. Untuk dosis pertama 50 persen, sehingga kami akan menuntaskan hingga 100 persen sesuai instruksi Bupati dan Pusat,”  katanya. (antara)

Tinggalkan Balasan