Tempat Isolasi Terpusat di Cimanggis Manfaatkan Rumah Tak Berpenghuni

DEPOK – Antisipasi tingginya lonjakan pasien penderita Covid-19, Kecamatan Cimanggis akhirnya melakukan berbagai upaya salah satunya melalui penyediaan tempat isolasi terpusat (isoter).

Penyediaan tempat isolasi terpusat dianggap sangat membantu warga, khususnya mereka yang terpapar Covid-19 namun tidak ada tempat yang layak atau cocok untuk para pasien.

Menurut Abdul Rahman, Pelaksana tugas (Plt.) Camat Cimanggis, dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di wilayahnya, pihaknya mengambil langkah menyediakan tempat isoter di setiap kelurahan.

“Tujuan penyediaan tempat isoter di masing-masing keluarahan ini tak lain untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cimanggis. Adapun, tempat isoter disediakan dengan bantuan swadaya masyarakat,” kata Rahman, Selasa (8/2).

Rahman lebih lanjut mengungkapkan, untuk menjamin kelancaran penyediaan fasilitas sementara tersebut, pihaknya tak lupa berkoordinasi dengan kelurahan setempat.

“Kami terus berkoordinasi dengan kelurahan setempat dan masyarakat dalam menyediakan tempat isoter untuk rumah isolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar dia.

Dikatakan Rahman, terkait tenpat yang dimanfaatkan sebagai isoter, berasal dari rumah warga yang tidak ditempati pemiliknya.

“Tempat isoter yang digunakan tersebut memanfaatkan rumah warga yang tidak digunakan pemiliknya,” terang dia.

Di samping memanfaatkan rumah yang tidak berpenghuni, Rahman menyebut pihaknya juga memanfaatkan gedung di enam kelurahan.

“Selain itu, kami juga memanfaatkan gedung yang ada di enam kelurahan,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam menyukseskan langkah tersebut pihaknya bersinergi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat untuk melakukan pemantauan kesehatan.

“Selain itu, juga mengirimkan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat. Puskesmas juga akan memantau secara rutin dan memenuhi kebutuhan obat masyarakat yang menjalani isolasi,” tandasnya. (mg2)

Tinggalkan Balasan