Bibit Ikan Berkualitas Tersedia di UPTD BBI Kota Depok, Ini Syarat Pengajuannya

DEPOK – Sebagian besar warga Kota Depok, utamanya warga peternak atau pembudidaya ikan mengaku kesulitan mendapatkan bibit ikan yang dibutuhkan. Padahal, penyediaan berbagai bibit ikan berkualitas tersedia di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok yang bisa didapatkan gratis.

Meski begitu, warga yang hendak mengajukan bantuan bibit ikan harus memahami mekanisme pengajuan bantuan ke lembaga penyedia bibit ikan tersebut.

Kepala UPTD BBI Kota Depok Nur Hidayat, mengemukakan bahwa warga yang ingin mengajukan bibit ikan di UPTD BBI harus mengajukan surat permohonan.

“Salah satu syaratnya (pengaju) mengajukan surat permohonan dengan maksud dan tujuan ke Kantor UPTD BBI Kota Depok, yang beralamatkan di Jalan Parung Poncol, RT 03/RW 02, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari,” kata Nur Hidayat, Kamis (3/2).

Pihaknya menyebut, di tempatnya tersedia beragam bibit ikan, mulai dari ikan lele, Nila, ikan mas, ikan tawes, dan lainnya.

Ia menyebut, baru baru ini pihaknya telah mendistribusikan bantuan bibit ikan sebanyak 13 ribu ikan dengan berbagai jenis bibit.

“Tercatat hingga awal 2022, UPTD BBI) Kota Depok telah mendistribusikan sebanyak 13 ribu bibit ikan konsumsi,” ungkapnya.

Adapun, kata dia, ikan yang telah didistribusikan tersebut diberikan kepada masyarakat sekitar, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), sekolah dan lembaga yang mengajukan permohonan untuk kegiatan pelepasan ikan.

“Adapun bantuan bibit ikan yang sudah disalurkan tersebut rinciannya antara lain ikan tawes 3.000 ekor, Nila 5.000 ekor, ikan lele sebanyak 3.500 ekor, dan ikan mas 1.500 ekor,” terangnya.

Ia bahkan menyebut sebelumnya, stok ikan di BBI per Desember 2021, jumlahnya mencapai 16 ribu ekor.

“Terdiri dari lele 3.500 ekor dan ikan mas 2.000 ekor, ikan nila 7.500, dan ikan tawes 3.000 ekor,” tuturnya.

Ia berharap bantuan bibit ikan tersebut bisa memberi manfaat bagi penerima. (mg2/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan