Piala Afrika: Burkina Faso vs Senegal, Kuda Hitam Lawan Singa Teranga

SENEGAL merupakan favorit juara di Piala Afrika 2021. Lantaran, selain berada di ranking terbaik FIFA se-Benua Afrika. Tim ini juga sebagai yang pertama lolos dari kualifikasi grup dan lanjut ke putaran final.

Ditambah dengan sejumlah capaian “spealis juara dua”, yakni 2 kali runner-up dalam Piala Afrika pada tahun-tahun sebelumnya.

Timnas berjuluk Singa Teranga yang belum sekalipun mencicipi trofi juara itu tentu bakal tampil trengginas.

Tembus ke final yang merupakan capaian terbaik Senegal bakal terulang. Kini kesempatan itu berada di kaki Sadio Mane dan kawan-kawan. Selangkah lagi.

Itu dengan catatan Senegal mampu mengatasi perlawanan kuda hitam Burkina Faso di Ahmadou Ahidjo Stadium, Yaounde, dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 3 pukul 02.00 WIB).

Setelah dikritik sebagai juara fase grup yang hanya mampu mencetak satu gol, performa Senegal meningkat di fase gugur.

Singa Teranga mencetak 5 gol saat mengeliminasi Tanjung Verde (16 besar), lalu Guinea Khatulistiwa (perempat final). Dua tim yang juga berlabel pembuat kejutan selama turnamen.

”Mereka (Burkina Faso) berbeda dengan lawan kami sebelumnya (Tanjung Verde dan Guinea Khatulistiwa, Red). Mereka memiliki spirit pantang menyerah yang luar biasa,” kata kiper Senegal asal Chelsea Edouard Mendy kepada African Football.

Ucapan pemenang kiper terbaik dunia (The Best FIFA Goalkeeper) 2021 tersebut menilik laju Burkina Faso di fase gugur. Seperti melalui adu penalti untuk menyingkirkan Gabon di 16 besar.

The Stallions kemudian melewati Tunisia meski kehilangan satu pemain karena kartu merah. ”Masalah di dalam negeri mereka (kudeta militer, Red) juga melipatgandakan spirit mereka untuk mati-matian di turnamen ini,” imbuh Mendy.

Bagi Mendy, membawa Senegal lolos ke final Piala Afrika juga akan lebih spesial karena pada edisi 2019, meski masuk skuad, kiper 29 tahun itu hanya berstatus cadangan Alfred Gomis.

Di sisi lain, performa Mendy di Senegal sejak berkostum Chelsea memang gemilang. Yaitu, tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan. Perinciannya, sembilan di antaranya berhasil dimenangi dan dua lainnya berakhir seri. (jp/zar)

Line Up Pemain:

Burkina Faso (4-3-3): 16-Koffi (g/c); 9-Kabore, 12-Tapsoba, 5-Malo, 25-Yago; 8-Nikiema, 24-Guira, 20-Sangare; 19-Bande, 2-Ouattara, 10-Bertrand Traore

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan