Capaian Terbesar Sepak Bola Filipina, Lolos Putaran Piala Dunia!

FILIPINA berhasil amankan “kursi” terbaiknya di putaran final Piala Dunia Putri 2023. Pelatih tim nasional (timnas) Filipina, Alen Stajcic mengungkapkan hal ini bakal jadi inspirasi.

Inspirasi bagi generasi mendatang negara tersebut. Stajcic juga menjelakan bahwa keberhasilan ini sebagai capaian “sekali seumur hidup”.

Adapun Filipina mencapai semifinal Piala Asia 2022 dan lolos ke Piala Dunia 2023 setelah mengalahkan Taiwan lewat adu penalti dengan skor 4-3 (1-1) di Pune, India (30/1).

Piala Dunia Putri 2023 sendiri akan berlangsung di Australia dan Selandia Baru.

Bagi sepak bola Filipina ini capaian bersejarah. Sebab, untuk kali pertama, tim mereka tampil di putaran final Piala Dunia baik di kategori putra maupun putri.

Stajcic yang baru dipercaya menukangi timnas itu sejak November lalu, percaya bahwa raihan kali ini akan menghadirkan dampak positif bagi bibit-bibit muda sepak bola negara tersebut.

“Sungguh capaian luar biasa bagi tim ini, sebuah momen bersejarah bagi negara mereka dan tak seorang pun bisa merampasnya dari para pemain ini. Sebuah standar baru telah ditetapkan,” kata Stajcic seperti dikutip dari Reuters.

“Kini semua bocah, laki-laki maupun perempuan, di Filipina tahu bahwa mereka punya inspirasi untuk mencapai Piala Dunia.”

“Saya tahu tim ini sangat bangga atas satu sama lain. Tetapi saya yakin mereka lebih bangga ketika mampu memberikan inspirasi untuk generasi mendatang,” tambahnya. (jp/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan