Lama Tak Muncul, Ternyata Aliando Syarief Derita OCD

JAKARTA – Lama tak pernah muncul di layar kaca, ternyata aktor Aliando Syarief sedang menjalani terapi karena menderita gangguan mental obsessive compulsive disorder (OCD).

Hal ini diungkapkannya saat siaran langsung di akun Instagramnya @aliandooo.

”Saya kena OCD,” kata Aliando Syarief singkat. Apa sebenarnya OCD ini, karena bukan hanya Aliando, artis Rina Nose juga pernah mengakui menderita gangguan yang sama.

Gangguan OCD ini membuat seseorang melakukan perilaku berulang (kompulsi).

Kejadian tersebut cenderung mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan penderitaan yang signifikan bagi penderitanya.

Penderita OCD kerap mengabaikan obsesinya tetapi hal itu hanya meningkatkan tekanan dan kecemasan.

Pada akhirnya, penderita OCD akan merasa terdorong untuk melakukan tindakan kompulsif agar meredakan stres yang dirasakannya.

Melansir Mayo Clinic, kompulsi yang terus kembali dan tidak bisa dihentikan merujuk pada perilaku yang lebih ritualistik atau disebut sebagai lingkaran setan OCD.

”Misalnya, ketakutan berlebihan akan terkontaminasi oleh kuman. Untuk meredakan ketakutan kontaminasi, Anda bisa mencuci tangan secara kompulsif sampai terasa sakit dan pecah-pecah,” tulis keterangan Mayo Clinic, dikutip pada Jumat (28/1/2022).

Penyebab utama OCD belum sepenuhnya bisa dipastikan tetapi ada tiga teori yang mengurai kemungkinan menjadi penyebab gangguan ini.

Secara biologi, OCD bisa menjadi hasil perubahan kimia alami tubuh atau fungi otak.

Ada juga teori yang menyebut OCD disebabkan komponen genetik tetapi gen spesifik tersebut belum teridentifikasi.

Kemudian, ada teori yang menyebut OCD bisa dipelajari dari melihat perilaku anggota keluarga atau orang lain dan dilakukan secara bertahap.

Karena menderita OCD, Aliando sempat menghilang dari dunia hiburan. Penyebabnya Aliando menyebut gangguan OCD membuatnya kesulitan beraktivitas bahkan mandi sekali pun.

”Enggak bisa liburan, untuk mandi saja, gue enggak bisa. Mau jalan naik mobil atau ambil barang, itu sulit,” kata dia.

Hal tersebut bukan berarti membuat cowok 25 tahun itu tidak mandi dalam sehari-hari. Hanya saja, dirinya butuh perjuangan ekstra ketika hendak mandi.

”Mandi tetap tetapi mandinya butuh perjuangan. Kayak, gue lagi mandi, tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak,” jelas Aliando.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan