oleh

Airlangga Hartarto Jelaskan Prokes Even MotoGP Mandalika dan G20

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, memasuki tahun 2022, pemerintah akan menggelar dua even besar. Yaitu perhelatan Presidensi G20 dan MotoGP Mandalika.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, melihat memontum itu, beberapa langkah antisipasi pengendalian Covid-19 akan terus dilakukan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah pemerintah akan tetap mengeluarkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

PPKM akan tetap diberlakukan mengingat kasus aktif Covid-19 per 9 Januari lalu sebesar 6.108.

Jumlah ini meningkat jika dibandingkan minggu lalu yang hanya mencapai 4.503 kasus. Untuk kasus harian per 9 Januari 2022 adalah 529 kasus.

‘’Angka Reproduksi Kasus Efektif (Rt) Covid-19 nasional sedikit meningkat dari minggu sebelumnya menjadi 0,99, namun masih terkendali,’’kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Selesa, (10/1).

Untuk Persiapan MotoGP 2022 Mandalika yang dimulai pada 18 – 20 Maret 2022, perlu dilakukan percepatan untuk mencapai target vaksinasi Dosis-2 sebesar 70% di seluruh daerah di Lombok.

Percepatan vaksinasi dilakukan pada daerah Kabupaten/Kota di NTB yang belum memenuhi target minimal untuk syarat pelaksanaan MotoGP.

‘’Terutama untuk Vaksinasi Dosis-2, saat ini  masih ada Kabupaten yang belum mencapai 70%,” tutur Menko Airlangga.

Sedangkan untuk agenda Lanjutan Pertemuan G20, penyelenggaran telah menerapkan sistem bubble dan protokol kesehatan secara ketat.

Pemerintah juga telah menyiapkan pengaturan berupa Surat Edaran dari Kepala Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengatur berbagai kegiatan dan event G20.

Menko Airlangga menambahkan, untuk Pertemuan Sherpa Track dan Finance Track pada Desember lalu, para delegasi menyatakan apresiasi terhadap penerapan sistem bubble.

‘’Jadi ini diharapkan bisa dilaksanakan sesuai protokol kesehatan,’’ pungkasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga