oleh

Jurus Jitu Menko Marves Lakukan Transformasi Ekonomi dengan Hilirisasi Industri

JAKARTA – Beberapa rencana besar yang sudah di susun Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mencuat dalam perbincangan yang dilaksanakan secara virtual bersama Grup Media Di’sway Nastional Network (DNN).

Recana ini, sebetulnya sudah sering dikemukakan diberbagai pertemuan Menko Marves. Namun pada perbicangan bersama Dahlan Iskan, kembali dijelaskan secara detail dengan target capaian.

Sebagai Mantan Meneteri BUMN, Dahlan Iskan cukup terkejut ketika Menko Marves menjelaskan rencana besar perubahan transformasi ekonomi melalui hilirisasi industri.

Tujuan utama transformasi ekonomi ini adalah ingin meningkatkan perekonomian dengan target meningkatkan pendapatan Perkapita menjadi 9.980 pada 2030 nanti.

Baca Juga:  Luhut Tunda Kenaikan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Strategi transformasi ekonomi akan terus dipacu oleh Menko Marves sebagai jurus jitu untuk mencapai target itu dari Hilirisasi industri itu.

Beberapa poin yang menjadi pokok pengembangan hilirisasi industri yaitu, membangun basis Industri bernilai tambah tinggi untuk mendukung digital ekonomi.

Selain itu, melalui tren Green Economy Industri Menko Marves juga akan mengembangkan Industri semi konduktor/chip dan ekosistemnya, Baterai EV, serta Sofware Enginering.

Untuk komitmen global, pihaknya akan mengalokasikan sumber energi rendah emisi (Green) untuk industri-industri bernilai tambah tinggi.

Untuk mendukung pengembangan hilirisasi industri Menko Marves membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membentuk talent pool yang berkualitas melalui program penjaringan lulusan S1 jurusan tehnik dan sains.

Baca Juga:  Airlangga Hartarto: Pemerintah Berkomitmen untuk Lakukan Penguatan Ekonomi

‘’Para tenaga tehnik ini nantinya akan diarahkan bekerja pada perusahaan-perusahaan kelas dunia di bidang teknologi,’’katanya.

Untuk menyiapkan rencana itu, pemulihan ekonomi akan terus dipacu peningkatannya. Dengan begitu, para Investor akan memberikan trust untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Langkah besar lainnya adalah, membangung kawasan industri dari hulu ke hilir yang terintegrasi. Seperti pengembangan Baterai Lithium dengan menggunakan raw mineral.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.