Jalan di Buahdua Sumedang Terancam Putus Akibat Gorong-gorong Amblas

SUMEDANG – Jalan di Ruas Burujul Sanca di Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang terancam putus. Pasalnya, gorong – gorong di segmen Blok Sawah Kentul mengalami amblas.

Berdasarkan pantauan di lokasi para pengendara roda empat harus berhati-hati saat melintasi gorong-gorong di Jalan Ruas Burujul Sanca di Kecamatan Buahdua. Badan jalan yang tersisa di jalan tersebut hanya bisa dilewati satu kendaraan.

“Jalan di Blok Sawah Kentul mengalami amblas pada gorong-gorongnya. Sehingga, apabila dibiarkan terancam terputus,” ujar seorang warga Ruas Burujul Sanca, Kecamatan Buahdua, Fredi saat diwawancarai di lokasi, Senin (10/1).

Ferdi menjelaskan, gorong-gorong amblas di badan jalan tersebut akibat tidak kuat menahan tonase kendaraan angkutan material galian C.

“Kejadiannya sendiri sudah tiga hari lalu,” ucap Ferdi.

Lebih lanjut Ferdi mengatakan, ukuran gorong-gorong yang mengalami amblas di badan jalan tersebut hingga bolong dengan lebat sekitar 1,5 meter. Sementara, lebar jalan yang tersisa kurang lebih hanya 1,8 meter.

“Keadaan tersebut sangat riskan untuk dilewati kendaraan roda empat. Sementara, kendaraan roda dua harus hati-hati,” jelas Ferdi.

Warga sekitar saat ini sudah berupaya untuk melakukan perbaikan sementara. Ferdi pun berharap agar instansi terkait segera memperbaiki gorong-gorong sebagai antisipasi kerusakan jalan. Serta, mengharapkan perbaikan dilakukan sesegera mungkin agar akses jalan tersebut tidak terputus.

“Apabila dibiarkan, jalan terancam terputus di jalur kabupaten Burujul Sanca. Saat ini upaya perbaikan sudah dilakukan oleh warga,” pungkas Ferdi. (sumeks/ran)

Tinggalkan Balasan