Program D’Sunting Menara Tidak Gunakan Dana APBD

DEPOK – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, akan menggelar kegiatan perdana Program Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Depok Ramah Anak (D’Sunting Menara) di Kecamatan Bojongsari.

Program yang di-launching belum lama itu diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota (Pemkot) dalam mencegah kasus stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak di Kota Petir itu.

Adapun dalam implementasinya, Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menyebut, seluruh kebutuhan dana operasional murni di luar penggunaan anggaran publik.

“Tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk D’Sunting Menara. Sebab, semua murni kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak,” katanya, Rabu (5/1).

Elly mengatakan, program ini akan dilaksanakan selama satu tahun, dan akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali.

“Dalam menjalankan program D’Sunting Menara, TP-PKK berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, mulai dari Pegadaian, PT Tirta Asasta, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, dan berbagai pihak lainnya,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengharapkan dukungan terutama dari para kader PKK sendiri. Dukungan ini yang pertama berupa peranan sekretariat melalui Dasa Wisma Satu Hati Bersama Tim Pendamping Keluarga atau Dawis Sahabat TPK.

“Kedua, Peranan Pokja I yakni Gerakan Cepat Cegah Stunting bersama Tutor Keluarga (Gercep Canting Surga) dan Kunjungi Keluarga Rawan dengan Tanda Kasih (Kawan Kasih). Lalu, Ketiga, Peranan Pokja II yakni Dongeng orang tua agar gemar makanan sehat menghindari stunting anak usia dini (Dora Masa Kini).

Selanjutnya, Peranan Pokja III yaitu Masyarakat Depok Suka Makanan B2SA Cegah Stunting (Mpok Sukma Bawa Canting). Kelima, peranan Pokja IV Ojek Cantik Membawa Makanan Balita Stunting (Ocan Bananas).

Diharapkan berbagai bantuan mulai dari paket sembako, pemberian makanan sehat hingga pembinaan digulirkan untuk untuk memaksimalkan penanganan stunting.

Terakhir dirinya mengapresiasi gerak cepat kader PKK dan stakeholder lainnya dalam menjalankan program D’Sunting Menara pada Selasa kemarin.

“Ini merupakan bentuk dedikasi PKK dalam membantu pemerintah terkait stunting,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan