Lukisan Mural Hiasi Kolong Jembatan Flyover ARH, Begini Kata Disporyata Depok

DEPOK – Lukisan mural dengan berbagai tema menghiasi dinding bawah jembatan flyover (jembatan layang) Arif Rahman Hakim (ARH).

Menurut keterangan yang disampaikan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, mural-mural tersebut sengaja dilukis untuk menambah kesan indah kolong jembatan.

Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi mengaku pembuatan mural tersebut di bawah perintah dan tanggung jawab pihaknya.

“Untuk membuat lukisan mural tersebut kurang lebih terdapat sepuluh hingga lima belas orang (pelukis) yang dikerahkan,” kata Dadan.

“Tujuannya tak lain untuk mempercantik dinding sisi barat bawah jembatan layang ARH. Adapun terdapat empat sisi dinding yang dilukis,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia menyebut proses pengerjaan mural sudah dimulai sejak Desember 2021. “Dan sampai sekarangan proses pembuatan masih terus dilakukan,” ujarnya.

Ditargetkan, pada Januari ini proses pembuatan mural sudah bisa dirampungkan. Sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan bawah (kolong) jembatan usai dihiasi mural dengan aneka tema.

“Targetnya sudah bisa selesai pada bulan (Januari) ini sehingga bisa langsung dinikmati warga. Rencananya, selain mural juga akan ditambah fasilitas pendukung lainnya untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,” tukas Dadan.

Terkait tema, mural-mural yang telah dilukis memuat sejumlah tema mulai dari tema tentang taman kota, logo Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, futsal, tema lalu lintas, alam dan olahraga, hingga aerobik.

“Sejumlah tema (mural) tersebut sengaja dibuat selain untuk memberikan kesan keindahan juga diharapkan dapat memberi edukasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Di samping itu, pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di area kawasan flyover dan berbagai tindakan vandalisme berupa corat-coret dinding lukisan yang sudah dipercantik. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan