Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Talegong, Pemda Garut Salurkan Bantuan Rp50 Juta

GARUT – Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut belum lama ini diterjang bencana longsor. Sekitar 30 Kepala Keluarga (KK) 149 jiwa mengungsi lantaran rumahnya hancur akibat sapuan tanah.

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Garut langsung menyiapkan dana sebesar Rp 50 juta per rumah. Untuk warga yang rumahnya rusak berat akibat longsor di Talegong, Rabu (29/12) kemarin.

“Kita terus support,  itu rumah-rumah yang runtuh Insya Allah ada bantuan dari kabupaten Rp 50 juta setiap rumah yang ambruk,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Kamis (30/12).

Helmi bersama jajaran dinas terkait sudah meninjau langsung daerah yang tedampak bencana tanah longsor di wilayah selatan Garut, sekaligus memastikan upaya penanggulangan bencana di lapangan.

Ia menyampaikan bencana longsor itu telah menyebabkan kerusakan, seperti merusak rumah warga maupun mengancam hingga penghuninya harus mengungsi untuk menghindari bahaya longsor.

“Rumah-rumah warga ini, di kampung ini saya lihat langsung ada tiga (rusak) di Kampung Cikaramat, Kampung Binong juga ada tiga, ada enam berarti yang rusak berat, yang terdampak banyak ya, ada datanya nanti dari BPBD,” kata Helmi.

Ia mengungkapkan sejumlah warga yang ditemuinya ternyata setuju untuk direlokasi ke tempat yang lebih nyaman dan aman dari ancaman bahaya bencana tanah longsor.

“Saya berterima kasih karena warga siap dipindahkan, siap dialihkan, tidak di tempat-tempat yang berbahaya,” katanya.

Hasil peninjauan langsung ke lokasi, Helmi memastikan jajaran petugas dari pemerintah sudah melakukan upaya penanggulangan seperti menyiapkan dapur umum, kebutuhan air bersih, maupun yang dibutuhkan korban.

“Kita perhatikan dan alhamdulillah sudah ada dapur umum,” katanya. (ant/win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan