Amankan 3 Poin, Manchester City Kokoh di Puncak Klasemen

KALAHKAN tuan rumah, Brentford, pada lanjutan pertandingan pekan ke-20 Liga Inggris, Rabu (29/12) waktu setempat, dengan skor tipis 1-0, Manchester City menjadi kian kokoh bertengger di puncak klasemen.

Seusai mengemas 3 poin tersebut, Manchester City koleksi 50 poin. Adapun dalam ini, yang menjadi tokoh utama adalah Phil Foden.

Tanpa gol semata wayang dirinya, Man City mungkin belum tentu unggul delapan poin atas pesaing terdekat, yakni Chelsea, saat ini.

Sementara Brentford yang menelan dua kekalahan beruntun tak beranjak dari urutan ke-14 dengan koleksi 20 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Lini belakang City sempat mengawali laga dengan permainan yang lengah dan memaksa kiper Ederson Moraes melakukan dua penyelamatan apik demi mementahkan percobaan-percobaan dari Yoane Wissa.

Penyerang Brentford itu terus menjadi ancaman utama City dan bola sepakannya nyaris membawa Brentford unggul pada menit ke-15, tetapi Joao Cancelo mampu melakukan sundulan halauan tepat di garis gawang.

Nahas bagi tuan rumah setelah beberapa peluang yang terbuang itu semenit berselang City justru membuka keunggulan berkat umpan akurat Kevin De Bruyne yang tinggal diselesaikan mudah oleh Foden di muka gawang.

Wasit David Coote sempat berkonsultasi nyaris tiga menit lamanya dengan VAR untuk memastikan Foden tidak terjebak offside sebelum akhirnya mengesahkan gol City tersebut.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum di tengah dominasi nyaris 71 persen penguasaan bola yang dimiliki oleh City sepanjang babak pertama.

Lima menit memasuki babak kedua Foden kembali mengoyak gawang Brentford dengan sundulannya memanfaatkan umpan silang Gabriel Jesus, tapi kali ini gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Lantas pada menit ke-65 peluang City lainnya untuk menggandakan keunggulan melalui tembakan De Bruyne yang sudah tak terjangkau kiper Alvaro Fernandez berakhir menghantam tiang gawang.

Tiga menit jelang bubaran waktu normal, City kembali mendapati gol mereka yang dicetak oleh Aymeric Laporte dianulir sebab ia bergerak terlalu cepat untuk menyambut umpan tendangan bebas De Bruyne dan terjebak offside.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan