Begini Hasil Simulasi Pasangan Capres dari Survei KedaiKOPI, Anies-Airlangga Peroleh 57 Persen

JAKARTA – Meski perhelatan Pilpres (Pemilihan Presiden) akan dimulai tiga tahun lagi, berbagai kandidat yag ingin maju sebagai Capres terus bermunculan.

Dari Mulai Ketua Partai Politik, Menteri, dan Kepala Daerah sepertinya tengah mempersiapkan untuk menaikan elektabilitas dan popularitas dalam meraih suara publik nanti.

Melihat kondisi ini, salah satu lembaga survei KedaiKOPI membuat beberapa simulasi untuk memetakan berbagai kemungkinan terhadap beberapa pasangang Calon Presiden (Capres) yang saat ini banyak dibicarakan publik.

Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, telah melakukan survei dengan membuat beberapa simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Menurut hasil Survei KedaiKOPI simulasi pasangan pertama, calon presiden dan wakil presiden antara Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto berhasil menempati posisi tertinggi dengan perolehan 57.1 Persen.

Sedangkan simulasi pasangan pertama yang menempati posisi kedua diraih pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani dengan perolehan perolehan 42,9 persen.

Simulasi pasangan kedua, antara Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno hanya memperoleh 42,4 persen. Sedangkan untuk simulasi ketiga pasangan Prabowo Subianto memperoleh hasil tertinggi sebesar 59.8 persen.

‘’Survei Opini Publik Menuju 2024 ini dilakukan terhadap 1.200 responden yang memiliki peluang besar untuk maju di Pilpres 2024,’’kata Kunto melalui akun YouTube Survei KedaiKopi pada Minggu (19/12).

Dia mengatakan, beberapa pertanyaan yang diajukan dalam survei KedaiKOPI adalah seberapa banyak peluang tokoh-tokoh politik jika ikut dalam ajang Pilpres 2024.

“Jadi jika terdapat nama-nama pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden berikut, pasangan mana yang akan anda pilih?” kata Kunto.

Menurutnya, Survei Opini Publik Menuju 2024 dilaksanakan di wilayah survei di 34 provinsi pada 16 – 24 November 2021 dengan metode survei Face to Face Interview (Home Visit).

Untuk rentan usia  yang disurvei adalah 17-65 tahun. Error Sampling dalam survei ini sebesar ± 2.83 persen pada interval kepercayaan 95 persen.

Berikut nama-nama Capres 2024 berdasarkan hasil survei yang dialkukan KedaiKOPI yang disiarkan oleh kanal Youtube itu:

Simulasi pasangan pertama (dua pasangan Capres-Cawapres):

  1. Anies Baswedan (Presiden) dan Airlangga Hartarto (Wakil Presiden) 57.1 persen
  2. Prabowo Subianto (Presiden) dan Puan Maharani (Wakil Presiden) 42.9 persen

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan