Pengembangan Desa Wisata Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA – Pemberian Anugrah Desa Wisata Sejalan dengan tujuan pembangunan kepariwisataan, Pemerintah mengembangkan desa wisata yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Anugrah Desa wisata diberikan kepada pemerintahan desa yang telah berhasil mengembangkan desa wisata juga kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, anugrah Desa Wisata ini merupakan salah satu bentuk pemberian penghargaan sekaligus memacu dan  percepatan pembangunan desa wisata secara terpadu.

Hali ini, untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga setempat.

“Atas nama Bapak Presiden, saya mengapresiasi penyelenggaraan Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai momentum mendorong geliat pengembangan desa wisata khususnya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Menko Airlangga dalam keterangannya.

Melalui ADWI diharapkan dapat menjadi wahana promosi potensi wisata di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancangera.

Selain itu setiap desa dapat memotivasi untuk dapat mengembangkan potensi-potensi  wisata baru sebagai pengungkit perekonomian desa dan daerah.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 1.831 desa dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi mendaftar dan menjadi peserta pada ajang ADWI 2021.

Dari jumlah tersebut, tersaring 50 besar desa terbaik yang meraih penghargaan pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

”Saya juga mendorong agar pengembangan desa wisata untuk terus disinergikan dengan upaya pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sehingga dapat semakin memperluas manfaat ekonomi pengembangan destinasi pariwisata bagi masyarakat lokal,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam perhelatan Malam ADWI 2021 diantaranya Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Budie Arie Setiadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, para Bupati dan Wakil Bupati, serta para Kepala Desa dan Pejabat Setempat dari 50 Desa Wisata. (ag/fsr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan