Hari Ini Presiden Joko Widodo Tinjau ke Lolasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

JAKARTA – Untuk memastikan korban erupsi Gunung Semeru tertangani, pada hari ini Selesa (7/12) presiden Joko Widodo rencananya akan meninjau langsung ke beberapa titik dan melihat para korban yang terdampak letusan Gunung Semeru.

Presiden Joko Widodo berangkat dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB tadi pagi.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU.

Di Lumajang, Presiden diagendakan untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, Presiden akan kembali ke Jakarta pada sore hari.

Sejauh ini penanganan korban erupsi Gunung Semeru tengah dilakukan pemerintah dan sejumlah relawan kemanusiaan. Berdasarkan informasi tercatat akibat  erupsi Gunung semeru telah mengakibatkan korban meninggal sebanyak 25 orang.

Selain itu material vulkanik abu dari Gunung Semeru menutupi beberapa lokasi di wilayah desa-desa yang berada di lereng Gunung Merapi.

Seperti diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu, 4/12. Presiden Joko Widodo telah memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam tersebut.

Turut menyertai Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (setkab)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan