Berikan Ruang Inspirasi untuk Para Guru, Portal SatuGuru.id Resmi Diluncurkan

BANDUNG – Untuk memotivasi para guru menulis, saat ini telah tersedia sarana dalam bentuk portal online dengan nama SatuGuru.id.

Salah satu Penasehat SatuGuru.id  Wijaya Kusumah mengatakan, website ini merupakan ruang bagi para guru untuk menuangkan imspirasinya.

‘’Harapannya akan bermunculan berbagai karya tulis yang luar biasa dari ide, pengalaman, solusi, informasi dan banyak konten yang bisa disajikan pada SatuGuru.id ini,’’kata Om Jay sapaan akrab wijaya Kusuma.

Dia menilai, sebetulnya, banyak sekali sebenarnya kisah tenaga pendidik yang berdedikasi, kreatif, inspiratif dan inovatif.

Jika kisah-kisah tersebut dituangkan ke dalam sebuah tulisan harapannya akan banyak menginspirasi dan memajukan pendidikan nasional.

‘’Kenyataannya hanya mengendap dan beredar di kalangan sendiri karena tidak terpublikasi,” jelas Om Jay.

Dia menuturkan, gairah menulis harus dikobarkan oleh para guru. Sebab, begitu banyak pemikiran dan pandangan solutif tentang pendidikan Indonesia yang berasal dari guru.

Hal ini bisa menjadi dasar bagi pembuat kebijakan pendidikan di level pengambil keputusan yang tidak sempat mengklaim bahwa ide cemerlang itu dari dirinya karena tidak ada jejaknya.

“Pemikiran, pengetahuan dan pengalaman rekan-rekan guru dalam memajukan sekolah sangat perlu untuk dibagi kepada yang lain,’’katanya.

Untuk itu, dengan kondisi wilayah, daerah dan kepulauan akan memiliki kekayaan budaya sehingga akan berbeda ceritanya tentang pendidikan disana.

Menurutnya, saat ini, SatuGuru.id  telah berkolaborasi dengan Pengelola nama Domain Internet Indonesia (PANDI) agar pemanfaatan digital bisa dioptimalkan oleh para guru dalam wadah SatuGuru.id.

Sementara itu Ketua Pandi Prof. Yudho Giri Sucahyo mengatakan bahwa sesuai dengan pesan Presidem Jokowi transformasi digital untuk saat sudah menjadi program pemerintah.

untuk itu, pembuatan konten-konten positif harus membanjiri ruang digital agar bisa memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat.

“Karya tulisan rekan-rekan guru di SatuGuru.id menjadi jejak digital akan buah pikirannya yang tetap ada dan terjaga di ruang digital. Sehingga menulislah dengan bagus dan baik,” kata Yudho Giri Sucahyo yang akrab disapa Yogi.

Pada portal SatuGuru.id ara guru bisa berekpresi di ruang digital dengan menulis, terdapat banyak direktori yang dapat dikunjungi oleh guru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan