Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung Termegah dari 50 Mal Lainnya

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung launching operasional Mal Pelayanan Publik (MPP) yang menempati lantai 2 dan 3 Gedong Munara 99, Soreang. Menurut informasi MPP Kabupaten Bandung sebagai mal pelayanan publik terbaik dan termegah di Jawa Barat.

Peresmian MPP dilaksanakan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Menurut pantauan, total ada sebanyak 27 instansi telah bergabung untuk memberikan berbagai layanan administrasi. Yaitu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP) Kabupaten Bandung, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang, KPP Pratama Majalaya, Samsat Soreang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung, Pengadilan Negeri  (PN) Kabupaten Bandung, Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Soreang, dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Selanjutnya ada Polresta Bandung, Ikatan Notaris Indonesia (INI),  Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung, Pengadilan Agama Soreang, Badan Narkotika Nasional (BNN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, dan Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung.

Kemudian juga, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan Bandung, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bandung, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Bandung, Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus Kabupaten Bandung, dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung.

Tjahjo Kumolo mengatakan, mal pelayanan publik Kabupaten Bandung menjadi yang termegah dari 50 mal lainnya. Sarana pelayanan di Kabupaten Bandung ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Berbagai langkah kebijakan dari pemerintah provinsi untuk mempercepat, setidaknya ada studi tiru dari beberapa kota yang ada, seperti Bekasi, Karawang, Sumedang, sekarang Kabupaten Bandung. Tidak harus punya gedung yang baru, gedung yang lama, yang penting satu atap, terintegrasi, seluruh instansi terkait yang berkaitan dengan masyarakat secara luas,” ungkap Tjahjo usai melaunching Mal Pelayanan Publik, Soreang, Rabu (8/12).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan