Herd Immunity Terbentuk, Vaksinasi Desa Cikuya Capai 85 Persen

CICALENGKA – Vaksinasi di Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung guna mencapai herd immunity cukup memuaskan.

Pasalnya, setelah gencarnya menyelenggarakan vaksinasi bagi warga, antusias sebagai partisipasi pun mendapat respons positif.

Karenanya, kini Desa Cikuya dalam capaian herd immunity secara presentase melalui pendataan, telah menginjak angka 85 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Cikuya, Dadan Suganda. Menurutnya, capaian itu tak lepas dari kecakapan perangkat desa dalam mengajak warga serta respons positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah kita warganya mengerti pentingnya vaksin, antusiasnya juga tinggi. Sekarang sudah 85 persen,” kata Dadan kepada Jabar Ekspres di Balai Desa, Senin (6/12).

Dia berujar, tidak semua warga melakukan vaksinask yang diselenggarakan oleh pihak desa, namun sebagian ada yang ikut serta dalam gebyar yang dilakukan swasta.

“Yang ikut vaksin di luar desa juga banyak, kayak ikut gebyar dari Polri melalui Polsek, atau ke Yonif 330, itu kita dukung juga kalau kesulitan translortasinya, pakai mobil operasional desa,” pungkas Dadan.

Dalam pemaparannya, Dadan menuturkan, bagi para warga yang melakukan vaksinasi di luar desa, maka dilakukan pendataan secara bertahap.

Karenanya, capaian vaksinasi di Desa Cikuya secara presentase dapat mencapai herd immunity di angka 85 persen.

“Pendataan kita oleh para ketua RT-RW, kemudian kader PKK dan kita libatkan juga anggota Karang Taruna,” imbuh Dadan.

“Harapannya, setelah divaksin warga Desa Cikuya supaya tetap menjalankan protokol kesehatan. Pandemi belum selesai, upayakan selalu menjaga prokes dan jangan kendor karena sudah divaksin,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan